Kebakaran Hebat Hanguskan Pengolahan Solar, Rugi Rp19 Juta

Reporter : Savira Wahda Sofyana

blokTuban.com - Pengolahan Solar yang berada di Desa Kaligede, Kecamatan Senori, Kabupaten Tuban mengalami kebakaran hebat sekira pukul 15.31 Wib. 

Kepala Satpol PP dan Damkar Tuban, Gunadi menjelaskan jika kebakaran tempat pengolahan solar milik Irfan tersebut, terjadi disebabkan karena adanya konsleting listrik. 

"Yang terbakar adalah pengolahan solar, yang diakibatkan konsleting listrik," katanya kepada blokTuban.com, Sabtu (23/3/2024). 

Menurutnya, petugas Satpol PP dan Damkar Tuban pertama kali mendapatkan laporan adanya peristiwa kebakaran ini dari Suprapto yang merupakan Kepala Desa setempat. 

Setelah mendapatkan laporan, petugas langsung bergegas cepat mendatangi lokasi dengan mengerahkan sejumlah personel untuk membantu proses pemadaman. 

Tak selang lama, petugas sampai di lokasi dan langsung berusaha untuk memadamkan kobaran api tersebut. 

"Dibantu oleh Koramil, Polsek, Trantib, Perangkat Desa, dan warga sekitar, 7 personel Damkar dan 4 unit fire truk turun ke lokasi kebakaran," Imbuhnya. 

Namun, api yang sudah terlanjur melahap bangunan tersebut, membuat petugas sedikit kuwalahan untuk memadamkannya, karena kobaran api yang semakin parah. 

Setelah kurang lebih satu jam dilakukan pemadaman, akhirnya api pokok berhasil dipadamkan pada pukul 16.30 Wib dan selanjutnya dilakukan pembasahan hingga pukul 17.40 Wib. 

"Kebakaran ini berhasil melahap area bangunan kurang lebih seluas 30x10 dengan dengan luas bangunan 40x25 meter," bebernya. 

Meski tidak ada kerban jiwa dalam peristiwa ini, namun kerugian yang dialami oleh pemilik pengolahan solar mencapai Rp19 juta. [Sav/Ali]