Terdata BMKG, 57 kali Gempa Susulan Mengguncang Timur Laut Tuban

Reporter: Muhammad Nurkholis

 

blokTuban.com – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika Tuban catat hingga saat ini sudah terjadi 57 gempa susulan pasca gempa yang mengguncang timur laut Tuban pada pada pukul 11.22 WIB, Jumat (22/3/2024).

 

Dalam laman resmi Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika gempa pertama mengguncang Kabupaten Tuban dengan kekuatan 6.0 Magnitudo dan terjadi di 132 Kilometer, timur laut Tuban di kedalaman 10 Kilometer. Kemudian terjadi gempa susulan lagi yang guncangannya terasa cukup lama pada pukul 15.55 WIB, dengan kekuatan 6,5 Magnitudo.

 

Kepada blokTuban.com Kepala BMKG Kabupaten Tuban, Zem Irianto Padama mengatakan jika dari gempa awal hingga pukul 18.11 WIB, sudah terjadi sekitar 57 kali gempa susulan.

 

“Sampai jam 18.11 WIB sudah 57 gempa susulannya,” ujar Zem di konfirmasi blokTuban.com.

 

Lebih lanjut zem menjelaskan mengapa saat pukul 15.55 WIB gempa susulan memiliki kekuatan yang cukup besar dibandingkan gempa pertama.

 

“Memang bisa saja lebih besar dibandingkan dengan gempa awal, hal ini karena masih ada pelepasan energinya yang masih belum selesai,” imbuhnya.

 

Saat ini BMKG Tuban masih melakukan pemantauan terkait adanya potensi gempa susulan. Untuk itu dihimbau bagi masyarakat agar terus memantau informasi resmi dari BMKG, dan jangan menelan mentah-mentah informasi yang belum jelas kebenarannya. [Nur/Dwi]

 

 

Temukan konten blokTuban.com menarik lainnya di GOOGLE NEWS