[Salah] Cek Fakta: Video Kerusakan Gempa di Tuban

Reporter: Muhammad Nurkholis 

blokTuban.com - Beredar video yang diunggah di media sosial dengan klaim kerusakan bangunan dan tanah yang terbelah akibat gempa di Tuban. Namun setelah dilakukan penelusuran, video tersebut tidak benar.

Ternyata setelah dilakukan cek fakta oleh blokTuban.com potongan video atau foto serupa telah dijadikan foto artikel CNN Indonesia dengan judul: Wilayah Terdampak Gempa di Cianjur Meningkat Jadi 12 Kecamatan.

"Adapun terdapat 12 lokasi yang terdampak, meliputi Kec. Cianjur, Kec. Karang Tengah, Kec. Warung Kondang, Kec. Gekbrong, Kec. Cugenang, Kec. Cilaku, Kec. Cibeber, Kec, Sukaresmi, Kec. Bojong Picung, Kec. Cikalong Kulon, Kec. Sukaluyu, dan Kec. Pacet," ujar Kepala BNPB Letjen Suharyanto di Posko Tanggap Darurat, Kantor Bupati Cianjur, Selasa (22/11) dikutip blokTuban.com pada Selasa (22/11/2022)

Bukti kedua, gambar tersebut juga sebagai foto dalam berita Detik.com dengan judul "Update Korban Gempa Cianjur: 329 Orang Meninggal, 11 Masih Dicari"

Dengan demikian klaim video tersebut adalah tidak benar terjadi di Tuban, melainkan di Cianjur dan kategori konten yang menyesatkan.

Referensi:

https://www.cnnindonesia.com/nasional/20221122195957-20-877294/wilayah-terdampak-gempa-di-cianjur-meningkat-jadi-12-kecamatan/1.

 

https://news.detik.com/berita/d-6437578/update-korban-gempa-cianjur-329-orang-meninggal-11-masih-dicari/amp

 

 [Nur/Dwi]

Temukan konten blokTuban.com menarik lainnya di GOOGLE NEWS