Fenomena Equinox, BMKG Tuban: Wilayah Tropis Dekat Ekuator Terima Penyinaran Maksimum

Reporter : Savira Wahda Sofyana

blokTuban.com - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Kabupaten Tuban menyebut bahwa hari ini terjadi fenomena astronomi Equinox di Indonesia, termasuk di Kabupaten Tuban

Kepala BMKG Tuban, Zem Irianto mengatakan jika fenomena Equinox merupakan salah satu fenomena astronomi, di mana matahari melintasi garis katulistiwa. 

"Secara periodik berlangsung selama dua kali dalam setahun, yaitu tanggal 21 Maret dan 23 September 2024 nanti," katanya kepada blokTuban.com, Kamis (21/3/2024). 

Menurutnya, pada saat fenomena Equinox berlangsung, matahari dengan bumi memiliki jarak yang paling dekat, sehingga wilayah tropis yang berada di sekitar ekuator, akan mendapatkan penyinaran matahari secara maksimum. 

Meski begitu, fenomena Equinox tidak serta merta mengakibatkan peningkatan suhu udara secara drastis atau ekstrim. 

"Jadi tidak ada dampak khusus dari fenomena Equinox ini," jelasnya. 

Kondisi ini, lanjut Zem sapaan akrabnya, dapat dilihat dari suhu udara di Kabupaten Tuban hari ini yang masih terbilang normal, yaitu 25,8 derajat Celcius. 

Oleh karena itu, masyarakat juga dihimbau untuk tidak panik dan tetap tenang, dengan adanya fenomena equinox yang terjadi hari ini. [Sav/Ali]