Jaga Metabolisme Tubuh, Simak Tips Jaga Kesehatan Ginjal Selama Puasa Ramadan

Oleh: Dwi Rahayu

blokTuban.com - Menjaga kesehatan ginjal selama berpuasa Ramadan memang sangat penting. Puasa dapat mengubah pola makan dan pola minum seseorang, yang pada gilirannya dapat mempengaruhi kesehatan ginjal.

Dokter Spesialis Urologi Eka Hospital Bekasi, dr. Andry Giovanny, Sp.U melalui rilis Urology and Couple Clinic mengatakan penderita batu ginjal harus menjalani pola makan agar sistem metabolisme bekerja dengan baik. 

Sehingga saat berpuasa penderita batu ginjal harus memperhatikan kondisi tubuh dan asupan nutrisi yang dibutuhkan. 

"Dalam beberapa kasus, pengidap batu ginjal mungkin tidak dianjurkan untuk melakukan puasa jika batu ginjal yang mereka miliki terlalu parah. Oleh karena itu, sebelum menentukan untuk berpuasa, konsultasikan penyakit Anda ke dokter spesialis urologi," ujar dr. Andry.

Berikut beberapa hal yang dapat membantu menjaga kesehatan ginjal selama berpuasa Ramadan:

1. Penuhi Cairan Tubuh
Meski sedang puasa, kamu tidak boleh melupakan bahwa minum cukup air juga membantu tubuh tetap terhidrasi. Ini membantu ginjal tetap berfungsi dengan baik, karena turut memengaruhi warna urine nantinya. Jika urine berwarna lebih gelap, tandanya kamu sedang mengalami dehidrasi.

Asupan cairan adalah hal vital yang harus diperhatikan penderita batu ginjal saat berpuasa. 8 gelar air ini harus dikonsumsi dengan takaran 4 gelas saat sahur dan 4 hingga 6 gelas saat berbuka puasa. 

Ketika puasa, tubuh alami kekurangan asupan cairan. Namun, kamu tetap bisa mengatasinya dengan membiasakan minum 8 gelas setiap hari dengan pembagian sebanyak 3 gelas pada waktu berbuka, 2 gelas sebelum tidur, dan 3 gelas ketika makan sahur. Membiasakan ini berarti kamu sudah membantu menjaga kesehatan ginjalmu.

2. Jauhi Rokok dan Alkohol
Rokok dan alkohol menjadi sebab utama terjadinya banyak penyakit, tak terkecuali ginjal. Minum terlalu banyak alkohol meningkatkan tekanan darah, sementara tekanan darah tinggi adalah penyebab paling umum dari terjadinya penyakit ginjal. Begitu pula dengan merokok, jadi sebisa mungkin jauhi keduanya ketika puasa agar ginjal tetap sehat.

3. Menjaga Tekanan Darah Agar Tetap Normal
Periksa tekanan darah kamu secara teratur. Tekanan darah tinggi memang tidak memiliki gejala tetapi dapat menjadi pemicu berbagai macam penyakit, seperti jantung dan ginjal. Jika tekanan darah kamu menunjukkan angka lebih tinggi dari normal, kurangi asupan garam,  makanan berminyak, dan semua hidangan siap saji.

Tidak dianjurkan konsumsi makanan mengandung protein hewani tinggi, karena dapat mengganggu pH urin dan meningkatkan risiko untuk membentuk batu ginjal. Kurangi konsumsi makanan seperti telur, daging ayam, sapi, kambing, dan keju.

4. Jaga Asupan Nutrisi Harian
Saat sahur dan berbuka, penting untuk kamu memperhatikan apa saja makanan yang kamu makan. Cara menjaga kesehatan ginjal ini terbilang mudah, tetapi masih sering terlupa. 

Beberapa makanan disarankan pasien batu ginjal yakni sayuran dan buah tinggi kandungan air, seperti , pir, nanas, semangka dan tomat dan sebagainya.

Diet seimbang memastikan tubuh kamu mendapatkan semua vitamin, mineral, dan nutrisi lain yang diperlukan tubuh. Makan buah, sayuran, dan biji-bijian. 

5. Berolahraga Secara Teratur
Olahraga secara teratur dapat membantu menjaga kesehatan ginjal dengan meningkatkan aliran darah ke ginjal dan membantu mengendalikan tekanan darah.

Selain itu pastikan juga untuk mendapatkan istirahat yang cukup selama puasa untuk memungkinkan tubuh memulihkan diri dan mengurangi stres yang dapat mempengaruhi kesehatan ginjal.          

Dengan memperhatikan hal-hal di atas dapat membantu menjaga kesehatan ginjal selama berpuasa dan memastikan Anda tetap sehat dan bugar selama bulan Ramadan atau puasa lainnya.


Temukan konten blokTuban.com menarik lainnya di GOOGLE NEWS