3 Waktu Berolahraga yang Tepat Saat Menjalankan Ibadah Puasa Ramadan

Oleh: Dwi Rahayu

blokTuban.com - Berolahraga saat bulan puasa Ramadan bisa menjadi pilihan yang baik untuk menjaga kesehatan fisik dan mental, meskipun perlu dilakukan dengan hati-hati agar tidak membebani tubuh yang sedang berpuasa.

Idealnya kita tidak hanya bermalas-malasan dan tetap bergerak meskipun sedang menjalani ibadah puasa. Sebab salah satu alasan mengapa banyak orang mengurangi aktivitas fisiknya di bulan puasa adalah karena merasa lemas. 

Padahal, ada beberapa cara yang bisa kita lakukan agar bisa berolahraga tanpa merasa lemas, yakni dengan memilih waktu yang tepat.

Sport Medicine Specialist, dr. Andhika Raspati, Sp.KO pada sesi live Instagram menyebutkan, ada tiga opsi waktu berolahraga di bulan puasa, yaitu pagi setelah santap sahur, jelang waktu berbuka, dan setelah berbuka. 

Salah satu waktu terbaik untuk berolahraga, menurutnya adalah setelah berbuka atau setelah menunaikan shalat tarawih, tubuh telah mengonsumsi makanan dan minuman yang cukup untuk memberikan energi tambahan untuk berolahraga. Ini juga merupakan waktu yang cocok untuk berolahraga ringan seperti berjalan kaki atau yoga.

Sebab, berolahraga setelah sahur berpotensi menimbulkan dehidrasi, sementara pada waktu sebelum berbuka tubuh cenderung sedang dalam kondisi paling lemas karena gula darah rendah. 

"Setelah berbuka paling aman karena kita bisa makan dulu dan setelah itu mau keringatan sampai basah juga enggak masalah karena bisa minum." Demikian diungkapkannya.

Banyak orang cenderung makan berlebihan saat berbuka puasa karena merasa lapar setelah seharian berpuasa. Hal ini dapat menyebabkan masalah pencernaan, kembung, dan bahkan peningkatan berat badan. 

Hal yang dapat dilakukan untuk mengantisipasi kmenghindari makan takjil dan makan malam berlebih. Sebaiknya konsumsi makanan dalam porsi yang wajar dan seimbang.

Apalagi, beberapa orang cenderung makan berlebih di waktu berbuka. Jika kita berbuka hingga pukul 18.30, maka sesi olahraga baru bisa dimulai sekitar pukul 20.30. 

"Itu kemalaman, mau tidur jam berapa? Alhasil bisa mengganggu jam tidur, sahur terlambat, dan sebagainya," kata Andhika. 

Ingatlah untuk tetap terhidrasi dengan baik saat berolahraga di bulan puasa. Minumlah air dalam jumlah yang cukup saat berbuka puasa dan sahur untuk menggantikan cairan yang hilang selama berpuasa. 


Temukan konten blokTuban.com menarik lainnya di GOOGLE NEWS