Tips Sehat dan Bugar 4C bagi Petugas KPPS di Pemilu Serentak 2024

Oleh: Dwi Rahayu

blokTuban.com - Menjaga kesehatan dan kebugaran badan adalah hal yang sangat penting bagi petugas pemungutan suara selama Pemilu. Terutama anggota kelompok penyelenggara pemungutan suara (KPPS) yang menjadi ujung tombak pelaksanaan Pemilu 2024.

Seperti diketahui pada Pemilu 2024 kali ini terdapat 5 pemilihan yaitu Anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR), Anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD), Presiden dan Wakil Presiden, Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi dan Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten/ Kota.

Berdasarkan laman Kemenkes terdapat tips kesehatan yang disingkat dengan 4C yang dapat diterapkan oleh petugas KPPS:

1. Cukup Tidur, minimal 6 – 8 jam perhari
2. Cukup Olahraga, senam bersama petugas pemilu
3. Cukup Makan, batasi makan snack, konsumsi makanan bergizi, seimbang, mengandung cukup protein, sayur, buah, dan karbohidrat
4. Cukup Minum, minum air mineral batasi minum kopi, minuman manis, dan minuman berenergi

Selain itu pengaturan tempat kerja juga penting dilakukan agar nyaman dan dapat mencegah terjadinya kelelahan. Tempat kerja KPPS diatur agar sirkulasi udara baik, suhu udara tidak terlalu panas maupun dingin, area bebas asap rokok, serta posisi bekerja yang nyaman.

Oleh karena itu, penting bagi pemerintah dan penyelenggara pemilu untuk memberikan perhatian khusus terhadap kesehatan dan kebugaran petugas pemungutan suara, termasuk penyediaan fasilitas kesehatan, pemberian istirahat yang cukup, dan edukasi tentang pentingnya menjaga kesehatan selama proses pemungutan suara.


Temukan konten blokTuban.com menarik lainnya di GOOGLE NEWS