Dua TPS di Lapas Tuban Dijaga Belasan KPPS

Reporter : Savira Wahda Sofyana

blokTuban.com - Mendekati momen Pemilihan Umum (Pemilu) tahun 2024, sejumlah persiapan telah dilakukan oleh berbagai pihak, salah satunya ialah pegawai Lapas Kelas IIB Kabupaten Tuban. 

Pasalnya, pada hari pemilihan nanti, terdapat dua Tempat Pemungutan Suara (TPS), yang disediakan untuk warga binaan setempat. 

Kalapas Kelas IIB Kabupaten Tuban, Edi Kuhen mengatakan jika menuju hari H Pemilu 2024, persiapan yang ia lakukan sudah sangat matang, mulai dari jumlah pemilih hingga tempat yang digunakan sebagai TPS. 

"Jadi kita sudah rangkaian sedari awal, kita siapkan Pemilu ini sesuai dengan arahan. Langkah-langkah yang telah kami lakukan di Lapas Tuban ini, yang pertama menjumpai KPU Tuban, Bawaslu Tuban," katanya kepada blokTuban.com saat ditemui di ruangannya, Selasa (13/2/2024). 

Selain itu, pihaknya juga telah menggelar sosialisasi Pemilu kepada warga binaan, yang bekerjasama dengan KPU Tuban. 

Dalam Pemilu 2024 ini, Kuhen mengaku jika ada dua TPS yang ada di Lapas Tuban, yaitu TPS 901 dan TPS 902, dengan 14 petugas KPPS yang telah dilantik. 

"Masing-masing TPS ada 7 orang petugas KPPS, setelah pelantikan mereka juga aktif melakukan pelatihan dan Bimtek yang dilakukan KPU," jelasnya. 

Di sisi lain, ia juga menjelaskan bahwa pihaknya melakukan sinergitas bersama pihak keamanan terkait. Seperti halnya Danramil maupun pihak kepolisian. 

Di luar itu, Lapas Tuban juga telah membentuk piket bantuan pengamanan khusus, di luar dari anggota KPPS yang telah dilantik.  

"Supaya kegiatan besok bisa berjalan dengan baik. Siang ini juga kita akan mengadakan simulasi kegiatan pemilihan, juga ada monitoring dari kantor wilayah untuk meninjau kegiatan di h-1 ini," lanjutnya. [Sav/Ali]