Resep Rahasia Bebek Putri Madura Gurih Rempah dengan Daging Juicy

Oleh: Dwi Rahayu

blokTubab.com - Bebek Putri Madura merupakan hidangan khas Madura yang terkenal di Indonesia. Hidangan ini terdiri dari bebek yang dimasak dengan bumbu khas Madura, biasanya dimasak dengan cara digoreng atau dibakar. 

Bebek Putri Madura dikenal memiliki rasa yang kaya rempah dan gurih, serta tekstur daging yang lembut dan juicy. Bagi sebagian orang, Bebek Putri Madura memang dianggap sebagai makanan yang enak dan lezat. 

Rasa khas dari bumbu-bumbu rempah yang digunakan dalam proses memasaknya membuat hidangan ini memiliki cita rasa yang unik dan menggugah selera. Selain itu, tekstur daging bebek yang empuk dan juicy juga menjadi salah satu faktor yang membuat Bebek Putri Madura disukai oleh banyak orang. Berikut ini resep bebek putri Madura selengkapnya.

Bahan-bahan
1 ekor bebek

Bumbu ungkep:
Bumbu cemplung:
2 batang sereh, geprek
7 lembar daun dalam
1 jempol laos geprek
1 jempol jahe geprek
5 lembar daun jeruk
Secukupnya Ggaram, gula merah/ aren
1.5 liter air (atau secukupnya)

Bumbu yang dihaluskan:
15 butir bawang merah
7 siung bawang putih
1 sdm ketumbar sangrai
7 butir kemiri sangrai
1 ruas kunyit
1 jempol jahe
1 sdt merica

Bumbu taburan:
5 buah bawang merah, iris kasar
5 buah bawang putih, cincang halus
200 gr cabai merah dan rawit
3 buah tomat hijau
1/2 sdm ketumbar
Secukupnya garam, gula dan kaldu bubuk
100 gr kacang tanah goreng, cincang kasar
Secukupnya minyak goreng

Cara membuat:
1. Potong2 bebek, cuci bersih dan tata daging bebek di wajan/ panci. Beri bumbu halus, rempah daun, garam dan gula merah. Beri air sampai bebek terendam.
2. Masak dengan api kecil sampai bebek empuk, sesekali dibolak-balik biar mateng merata. Atau dapat dipresto sekitar 1 jam. 
3. Kemudian goreng bebek sampai berkulit/ garing sesuai selera.
4. Panaskan 3 sdm minyak, tumis bawang putih sampai harum. Kemudian masukkan cabai dan tomat. Beri bumbu garam, gula, ketumbar dan kaldu bubuk. Koreksi rasa.
5. Bila cabai dan tomat sudah agak layu, siap untuk toping nasi putih dan bebek goreng. Jangan lupa taburi kacang gorengnya. Tinggal disajikan deh. Selamat mencoba

 


Temukan konten blokTuban.com menarik lainnya di GOOGLE NEWS