Icip Kelezatan Belalang Goreng Pedas Khas Tuban, Yuk Intip Resep dan Cara Masaknya

Reporter : Muhammad Nurkholis

 

blokTuban.com - Belalang hewan yang dalam bahasa Jawa disebut walang ternyata bisa dimasak menjadi olahan yang cukup lezat.

 

Salah satu olahan belalang yang cukup familiar adalah belalang goreng pedas. Jika sudah memasuki musim penghujan seperti ini, olahan kuliner unik ini akan menjadi makanan yang kerap disajikan warung-warung di Kabupaten Tuban.

 

Hal ini lantaran populasi belalang di musim penghujan akan lebih banyak dibandingkan saat musim kemarau.

 

Kepada blokTuban.com pemilik warung CS Dewe memberikan resep bagaimana mengolah belalang menjadi hidangan yang sangat enak.

 

Menurut Prapti (38) untuk mengolah belalang menjadi masakan yang enak ternyata caranya tidaklah sulit.

 

“Untuk memasak belalang sebenarnya tidak sulit, namun harus tahu tahap demi tahapnya,” ujar Prapti.

 

Pertama-tama yang harus dilakukan adalah membersihkan belalang dari kepala, kotoran, dan sayapnya.

 

Setelah belalang bersih kemudian belang kembali dibersihkan dengan cara dicuci dengan air hingga bersih.

 

“Yang pertama ya dibersihkan dulu,” imbuhnya.

 

Setelah bersih, belalang kemudian bisa ditiriskan. Sembari ditiriskan, kalian bisa menyiapkan bumbu-bumbu seperti bawang merah, bawang putih, asam jawa, cabai, daun jeruk, garam, serta penyedap makanan.

 

Bumbu tersebut kemudian dihaluskan, menggunakan blender atau bisa juga dengan cara diulek.

 

“Untuk bumbu tergantung seberapa banyak belalang yang diolah, begitupun untuk penggunaan cabai tergantung selera,” bebernya.

 

Usai bumbu jadi, kemudian siapkan wajan dan minyak goreng untuk menggoreng belalang yang sudah ditiriskan tadi.

 

Cukup digoreng sekitar 5 menit dan sudah berubah warna menjadi kecoklatan, angkat belalang dari wajan. Kemudian siapkan wajan lagi dan sedikit minyak untuk memasak bumbu yang telah disiapkan, tumis bumbu dengan api sedang.

 

Kemudian masukkan belalang tadi kedalam bumbu yang ditumis, aduk hingga bumbu merata ke belalang, kemudian sekitar 10 menit matikan kompor. Belalang goreng siap untuk disajikan.

 

Jika sudah masuk musim penghujan seperti saat ini, Perapti memang kerap menjual menu belalang goreng pedas dan menurutnya banyak pelanggan yang memesan belalang jika sudah masuk musimnya seperti saat ini.

 

Jika kalian tertarik untuk langsung memakan belang tanpa ribet memasak, kalian bisa datang di warung CS Dewe yang berada di Jalan Masjid Al-Falah yang berada di Desa Kembangbilo, Kecamatan/Kabupaten Tuban. [Nur/Dwi]

 

 

Temukan konten blokTuban.com lainnya di GOOGLE NEWS