Kapolres Tuban : Rasio Polisi dan Masyarakat 1 Banding 1200

Reporter : Ali Imron 

blokTuban.com - Di sela pemberian penghargaan kepada personel polres dan masyarakat, Kapolres Tuban AKBP Suryono menegaskan bahwa saat ini jumlah personel kepolisian yang tidak sebanding dengan masyarakat. 

Rasio satu personel polisi setidaknya harus memberikan keamanan kepada 1200 masyarakat.

“Dengan jumlah tersebut tentunya Polri tidak bisa bekerja sendiri, oleh karena itu perlu adanya dukungan dan peran aktif komponen masyarakat,” terang Suryono di Mapolres Tuban. 

Oleh sebab itu, Polres memberikan penghargaan kepada personel dan masyarakat yang telah berprestasi dalam membantu tugas kepolisian, Selasa (30/01/2024).

Penghargaan diberikan oleh Suryono melalui Surat Keputusan Kapolres Tuban Nomor : Kep/6/I/2024 tanggal 25 Januari 2024 kepada 46 personel Polres Tuban, selain itu 5 tokoh masyarakat yang turut membantu tugas Kepolisian dalam rangka memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat juga turut diberikan penghargaan.

Suryono mengatakan pemberian penghargaan itu sebagai wujud perhatian dan cinta kasih Polres Tuban atas kinerja anggotanya serta kepedulian masyarakat dalam membantu tugas Kepolisian. 

Menurutnya, sesuai dengan tugas Pokok fungsi dan peranan Polri di dalam undang-undang nomor 2 tahun 2002 pasal 13 Polri mempunyai tugas memelihara Kamtibmas memberikan perlindungan pengayoman dan pelayanan masyarakat serta penegakan hukum.

Suryono memberikan ucapan terimakasih kepada jajarannya yang telah berprestasi dan berdedikasi sehingga mampu membawa nama baik Polres Tuban serta kepada tokoh masyarakat yang telah membantu Kepolisian dalam mensinergikan serta kolaborasi antar lintas perguruan diwilayah masing-masing.

“Hingga saat ini situasi dan kondisi di wilayah kabupaten Tuban dapat berjalan dengan lancar” imbuhnya.

Perwira polisi menengah itu berharap pemberian penghargaan tersebut bisa menjadi motivasi bagi anggota yang lain untuk bisa terus berprestasi dalam melaksanakan tugasnya. 

“Hari ini harus lebih baik dari hari kemarin, kalau hari ini sama dengan kemarin kita akan rugi waktu," katanya. 

Berikut ini daftar nama tokoh masyarakat yang mendapat penghargaan dari Kapolres Tuban:

1. Muhammad Abdul Mujib Ketua Pagar Nusa Kabupaten Tuban

2. Sutaji Ketua IKSPI Kera Sakti Cabang Tuban

3. Mujoko Sahid Tokoh masyarakat dari Kecamatan Bangilan (Ketiganya telah berkontribusi kepada Polri dalam membantu pelaksanaan tugas-tugas Kepolisian dalam menciptakan situasi kondusif di Kabupaten Tuban)

4. Mustofa anggota Satpol PP Kabupaten Tuban yang telah berkontribusi kepada Polri dalam membantu tugas-tugas Kepolisian

5. M. Muthohar wartawan Tuban yang telah berkontribusi kepada Polri dalam membantu pelaksanaan tugas-tugas Kepolisian dalam mempublikasikan pemberitaan positif kegiatan Polres Tuban kepada masyarakat. [Ali/Dwi]