Tren Tabrak Lari 2023 Naik, Satlantas Polres Tuban Rekomendasikan Penambahan PJU dan CCTV

Reporter : Muhammad Nurkholis 

blokTuban.com - Angka tabrak lari di tahun 2023  di Kabupaten Tuban mengalami tren kenaikan lebih dari 50 persen. 

Dari data yang dihimpun blokTuban di tahun 2022 terdapat 33 kasus tabrak lari, sedangkan di tahun 2023 di Kabupaten Tuban terdapat 50 kasus tabrak lari.  Dan trend persentase kenaikannya ada di angka 51,52 persen. 

Dikonfirmasi bloktuban.com untuk mengantisipasi maraknya tabrak lari di Kabupaten Tuban Kasat Lantas Polres Tuban AKP Ayip Rizal mengatakan jika pihaknya akan melakukan koordinasi dengan Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Tuban. 

“Untuk tahun 2024, antisipasi kita yaitu akan melakukan koordinasi dengan Dishub agar ada penambahan beberapa infrastruktur yang bisa menunjang keselamatan berkendara dan alat pemantau,” ujar Ayip, Rabu (17/1/2024). 

Lebih lanjut Ayip menuturkan jika Satlantas Polres Tuban akan melakukan koordinasi dengan Dishub agar di beberapa titik yang ada di Kabupaten Tuban dilakukan penambahan penerangan  jalan. 

Selain itu ia juga agar beberapa titik black spot di  Kabupaten Tuban untuk dipasangi CCTV. 

Sebab sebuah CCTV bisa mempermudah dalam mengungkap kasus tabrak lari di Kabupaten Tuban. 

“CCTV sangat berperan untuk membantu ungkap kasus tabrak lari,” imbuhnya. 

Sedangkan untuk penyebab beberapa kasus tabrak lari di Kabupaten Tuban sulit terungkap menurut Ayip karena sangat minim masyarakat yang ada di sekitar lokasi kejadian serta tidak adanya CCTV.

“Sulit terungkap ya tidak ada saksi atau bukti di TKP,” pungkasnya. [Nur/Dwi]