MI Musthofawiyah Soko Tuban Adakan P5 Perkuat Pemahaman Pancasila Siswa

Reporter : Savira Wahda Sofyana

blokTuban.com - Guna memperkuat nilai dan pemahaman Pancasila kepada siswa, Madrasah Ibtidaiyah (MI) Musthofawiyah yang berada di Kecamatan Soko, Kabupaten Tuban mengadakan beberapa kegiatan P5 dan P2RA atau Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila serta Profil Pelajar Rahmatan Lil'alamin. 

Salah seorang guru pembimbing dalam kegiatan tersebut, Ifa mengatakan jika terdapat 3 tema yang diambil dalam kegiatan ini. Diantaranya ialah gaya hidup berkelanjutan, kewirausahaan, dan juga tadabur minal alam. 

"Untuk kegiatannya yaitu siswa diajari untuk memilah sampah organik dan anorganik, pembuatan bucket snack, ziarah ke makam Asmoroqondi dan outbound di Pantai Pasir Putih," katanya kepada blokTuban.com, Sabtu (16/12/2023). 

Adapun kegiatan ini, lanjutnya, yaitu untuk memperkuat pemahaman dan pengalaman nilai-nilai Pancasila atau ideologi dasar Indonesia, serta rahmatan Lil Al-Amin atau konsep kebaikan dan keadilan dalam Islam di kalangan pelajar. 

Selain itu, juga memperkuat karakter para peserta didik dan mengembangkan kompetensi mereka untuk menjadi warga dunia yang aktif, dalam mengembangkan ketrampilan, sikah dan pengetahuan terkait penyelesaian isu. 

"Kegiatan ini juga sekaligus dapat melatih kemampuan problem solving dalam berbagai situasi belajar," katanya. 

Menurutnya, kegiatan yang diikuti kurang lebih 90 siswa dan 20 wali siswa tersebut bukan pertama kali diadakan oleh pihak sekolah. Pasalnya, Ifa mengatakan bahwa kegiatan serupa sering dilakukan. Namun, hanya dilakukan di dalam kelas saja lantaran baru tahun ini MI Musthofawiyah menggunakan kurikulum merdeka. 

Di sisi lain, dengan  kegiatan tersebut, maka diberi ruang dan waktu untuk peserta didik dalam mengembangkan kompetensi dan memperkuat karakter dan profil pelajar Pancasila, melalui kegiatan tersebut sesuai visi Pelajar Indonesia sebagai pelajar sepanjang hayat yang kompeten, berkarakter, dan berperilaku sesuai nilai-nilai Pancasila. 

"Dalam penilaian lebih mengedepankan proses daripada hasil karena Tanpa ada proses, tentu tidak akan ada hasil, begitu pun sebaliknya. Apa yang kita dapatkan dari suatu proses pada akhirnya berujung pada sebuah hasil akhir," kata wali kelas IV tersebut. 

Sementara Kepala Sekolah MI Musthofawiyah, Imron mengapresiasi kegiatan P5P2RA tersebut. Sebab selain bermanfaat untuk lembaga madrasah juga memiliki manfaat penting bagi para siswa. [Sav/Ali]