Pemkab Tuban Klaim Persediaan Pupuk Aman, Urea dan NPK Paling Banyak Dicari Petani

Reporter  : Savira Wahda Sofyana

blokTuban.com -  Memasuki musim penghujan pada akhir tahun 2023 ini, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tuban, melalui Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan (DKPPP) Tuban memastikan bahwa persediaan pupuk di Bumi Wali Tuban masih aman.

Hal tersebut, disampaikan langsung oleh Kepala DKPPP Kabupaten Tuban, Eko Julianto. Menurutnya, saat ini pupuk urea masih tersedia kurang lebih sebanyak 6.343 ton. 

"Sedangkan untuk pupuk bersubsidi jenis NPK saat ini sekitar 4.070 ton," ujarnya kepada blokTuban.com, Selasa (12/12/2023). 

Adapun alokasi pupuk di Kabupaten Tuban pada Tahun 2023 ini, lanjut Eko sapaan akrabnya, yaitu berjumlah 65.727 ton untuk Pupuk Urea, dan Pupuk NPK sebanyak 35.039 ton. 

Di mana, sampai awal Bulan Desember 2023 ini, ia menyebutkan jika serapan pupuk bersubsidi baik jenis pupuk jenis Urea maupun NPK rata-rata sudah terserap sebanyak 90 persen. 

"Serapan pupuk sampai awal Bulan Desember 2023 ini yaitu sebanyak 90 persen," bebernya. 

Lebih lanjut, meskipun saat ini persediaan atau stok pupuk di Kabupaten Tuban masih tergolong aman. Namun Eko meminta dan menghimbau kepada para petani di Kabupaten Tuban untuk tidak lagi bergantung pada pupuk kimia. 

Oleh karena itu, ia menyarankan agar petani mulai beralih dan mencoba untuk menggunakan pupuk organik. Pasalnya, ada banyak keunggulan yang dimiliki oleh pupuk organik, salah satunya ialah memperbaiki struktur pada tanah. 

"Saya berharap teman-teman petani tidak bergantung dengan pupuk subsidi yang notabennya pupuk kimia, akan tetapi sudah mau beralih menggunakan pupuk organik yanh dapat diproduksi sendiri oleh petani," jelasnya. [Sav/Ali]