Minat Donor Darah di Tuban Tinggi, Sebulan Capai 1.000 Pendonor

Reporter : Savira Wahda Sofyana 

blokTuban.com - Unit Donor Darah Palang Merah Indonesia (UDD PMI) Kabupaten Tuban memastikan stok darah di Kabupaten Tuban aman hingga akhir tahun 2023 mendatang. Hal tersebut, menyusul tingginya minat Donor darah dari masyarakat. 

Humas UDD PMI Kabupaten Tuban, Sardju Effendi mengatakan jika kesadaran masyarakat di Kabupaten Tuban dalam mendonorkan darah cenderung sangat tinggi. 

"Alhamdulillah untuk antusias dari masyarakat Tuban sampai saat ini, kita istilahnya tidak sampai cari-cari. Keperdulian masyarakat Tuban sudah bagus, di samping kita terus mengingatkan donor darah," jelasnya kepada blokTuban.com, Senin (11/12/2023). 

Menurut Sardju, sapaan akrabnya, tingginya animo masyarakat dalam donor darah tersebut, dalam satu bulan PMI Tuban dapat mengumpulkan kurang lebih 1.000 kantong darah dari berbagai komponen. 

Bahkan, pria ramah ini mengaku selain menyuplai darah di Kabupaten Tuban, biasanya pihaknya juga menyuplai darah di kawasan Lamongan Pantura dan juga Kecamatan Babat. 

"Dalam satu bulan target kita adalah 1.000 kantong darah dan Alhamdulillah itu bisa memenuhi. Kecuali kalau bulan puasa mungkin hanya 50-60 persen saja," ujarnya. 

Disisi lain, ia juga menyampaikan bahwa untuk bulan Desember 2023 ini, sudah banyak jadwal kegiatan donor darah yang menanti, sehingga persediaan kantong darah di PMI Tuban dipastikan masih aman. [Sav/Ali]