Jalan Darurat Jembatan Dam Seng Tuban Putus Diterjang Banjir

Reporter : Savira Wahda Sofyana

blokTuban.com - Hujan deras yang mengguyur Kabupaten Tuban dengan durasi yang lama pada Jumat (8/12/2022) kemarin, rupanya tidak hanya menimbulkan banjir dibeberapa wilayah saja. 

Akan tetapi, hujan deras tersebut rupanya juga memutus akses jalan warga yang berada di Kecamatan Senori. Bagaimana tidak, jalan darurat yang dibangun sebagai jalan alternatif warga selama Jembatan Dam Seng diperbaiki, harus terputus karena derasnya hujan yang turun.

"Hujannya deras sekali mbak, sehingga aktivitas jalan darurat lumpuh total karena jalannya terputus," ujar salah seorang warga yang tinggal di Desa Wanglu Wetan, Toni kepada blokTuban.com, Sabtu (9/12/2023). 

Akibatnya, masyarakat sekitar yang biasa melewati jalan darurat tersebut, tidak lagi bisa melewatinya dan harus mencari jalan lain yang memakan jarak dan waktu lebih lama. 

Pasalnya, masyarakat harus memutar melalui Dusun Lanjam, Desa Sidoharjo, Kecamatan Senori dengan jarak tempuh kurang lebih selama 30 menit. 

"Karena tidak bisa lewat Dam Seng, kita lewat Lanjam mbak tapi memakan waktu lebih lama dan mobil juga tidak bisa lewat. Kasihan anak-anak sekolah harus muter dulu dan lama," katanya. 

Dengan kondisi tersebut, maka pria ramah ini mendesak Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tuban untuk segera menyelesaikan pembangunan jembatan Dam Seng tersebut, agar akses tranportasi masyarakat kembali lancar. 

Sementara Camat Senori, Minto Ikhtiar membenarkan terputusnya jalan darurat di Jembatan Dam Seng yang berada di Desa Sidoharjo tersebut. Menurutnya, hal tersebut disebabkan karena derasnya air hujan yang turun, sehingga membuat air muka sungai menjadi tinggi. 

Menanggapi adanya jalan darurat yang terputus tersebut, Minto sapaan akrabnya mengaku bahwa pihak rekanan akan segera memperbaiki jalan itu, agar dapat digunakan kembali oleh masyarakat. 

"Iya benar (jalan darurat terputus), sesuai hasil rapat sebagai antisipasi menghadapi musim hujan dan siap memperbaiki jalan darurat. Insyaallah hari ini tekanan segara memperbaiki atau buat jalan darurat," jelasnya. [Sav/Ali]