Simak Ternyata Ini Manfaat Donor Darah Bagi Tubuhmu

Reporter : Savira Wahda Sofyana

blokTuban.com - Donor darah merupakan salah satu cara yang dapat dilakukan untuk menyelamatkan dan memberikan harapan hidup kepada orang lain. Oleh karena itu, melakukan donor darah adalah suatu pekerjaan yang mulia. 

Selain bermanfaat bagi orang lain, donor darah juga baik bagi kesehatan tubuh kita, lantaran terdapat manfaat yang dapat diperoleh setelah melakukan kegiatan donor darah. 

Humas Unit Donor Darah Palang Merah Indonesia (UDD PMI) Kabupaten Tuban, Sardju Effendi menjelaskan jika donor darah memiliki beberapa manfaat bagi kesehatan tubuh. 

"Yang jelas setelah donor darah tubuh jadi semakin jelas. Istilahnya seperti sepedah motor habis ganti oli, jadi setelah diambil nantikan produksi sel-sel baru," ujarnya kepada blokTuban.com, Minggu (10/12/2023). 

Selain itu, lanjutnya, dengan mendonorkan darah di PMI, masyarakat juga bisa sekalian melakukan pengecekan kesehatan secara gratis. Sehingga dapat mengetahui kondisi kesehatan tubuh secara rutin. 

Pasalnya, sebelum melakukan donor darah masyarakat terlebih dahulu akan di cek oleh petugas. Sehingga apabila memperbolehkan untuk melakukan donor, Maka artinya kondisi tubuhnya sehat. 

"Kalau selama donor boleh terus kan artinya sehat. Selain itu manfaat yang ketiga yaitu bisa  membantu sesama dan itu yang sangat luar biasa," jelasnya. 

Di sisi lain, Sardju sapaan akrabnya, menambahkan jika saat masyarakat hendak mendonorkan darah, terdapat ketentuan waktu yang harus ditaati. Dimana, donor darah hanya bisa dilakukan dalam kurun waktu dua bulan sekali. 

Menurutnya, apabila sudah lewat dari dua bulan setelah donor darah, maka masyarakat akan dihubungi oleh petugas PMI sebagai pengingat untuk melakukan donor darah kembali. 

"Jadi kalau sudah waktunya, apabila datanya sudah ada di kami. Maka secara otomatis terkirim per 60 hari untuk dia bisa donor lagi, jadi kita ingatkan via WA," imbuhnya. [Sav/Ali]