Tips Mengatur Jadwal Makan, Diet Seimbang Penderita Diabetes

Oleh: Dwi Rahayu

blokTuban.com - Mengatur jadwal diet bagi penderita diabetes sangat penting karena makanan memiliki dampak langsung pada tingkat kadar gula darah. Diabetes adalah kondisi di mana tubuh tidak dapat memproduksi atau menggunakan insulin dengan efektif, sehingga menyebabkan peningkatan kadar gula darah.

Sebuah studi dari Salk Institute dan University of California menemukan, membatasi waktu makan ternyata menjadi salah satu cara efektif untuk menstabilkan gula darah bagi penderita, atau mereka yang berisiko terkena diabetes.

Berdasarkan laman Kemenkes, jadwal makan yang tepat atau teratur untuk menjaga waktu makan bagi penderita diabetes melitus sesuai jam yang ditentukan (sarapan pkl. 07.00 wib, snack pagi pkl. 10.00 wib, makan siang pkl. 12.00 wib, snack sore pkl. 15.00 wib dan makan makan pkl 19.00 wib serta snack malam pkl. 21.00 wib jika diperlukan). Tujuan mematuhi waktu makan secara teratur adalah untuk mengurangi beban kerja tubuh agar tidak terlalu berat dalam mencerna atau menyerap zat-zat gizi. 

Jumlah atau porsi yang dimakan penderita Diabetes harus dihitung dari jumlah kalori dan kebutuhan protein, lemak, karbohidrat serta zat-zat gizi lainnya yang dibutuhkan oleh tubuh. Semakin aktif penderita Diabetes maka akan semakin banyak kalori yang dibutuhkan sehingga membutuhkan porsi makanan yang lebih banyak. 

Sementara itu jenis bahan makanan yang tepat agar dapat membiasakan penderita Diabetes mengkonsumsi makanan beraneka ragam dan memiliki kebiasaan pola konsumsi makan yang baik. Semakin banyak ragam makanan yang dikonsumsi penderita Diabetes maka akan semakin baik, karena tidak ada satu jenis bahan makanan yang mengandung semua zat-zat gizi sehingga kekurangan zat gizi tersebut akan ditutupi oleh jenis makanan lain.

Dengan mengatur diet yang tepat, penderita diabetes dapat mengelola kondisinya dengan lebih baik, mengurangi risiko komplikasi, dan memperbaiki kualitas hidup mereka. Penting untuk berkonsultasi dengan profesional kesehatan atau ahli gizi untuk merancang rencana diet yang sesuai dengan kebutuhan individual penderita diabetes.

 

 

Temukan konten blokTuban.com menarik lainnya di GOOGLE NEWS