Keamanan Gudang Logistik KPU Tuban Ditambah Pasca Bocor

Reporter : Muhammad Nurkholis 

blokTuban.com - Hujan deras yang melanda wilayah Kabupaten Tuban pada belakangan ini menjadikan gudang logistik KPU Kabupaten Tuban di Jalan Manunggal, Kelurahan Gedongombo, Kecamatan Semanding, Kabupaten Tuban, mengalami kebocoran, Sabtu (9/12/2023). 

Kepada blokTuban.com, Sekretaris Komisi Pemilihan Umum KPU Kabupaten Tuban Ahmad Fahruddin, mengatakan jika memang benar dari hujan deras yang melanda Kabupaten Tuban gudang logistik KPU mengalami kebocoran. 

"Ada sekitar 10 titik kebocoran di gudang logistik KPU yang bersumber dari talang atap gudang logistik," ujar Fahruddin. 

Namun Fahruddin memastikan jika dari kebocoran tersebut tidak ada satupun logistik yang disimpan di gudang logistik mengalami kerusakan. 

"Dipastikan tidak ada kerusakan dari percikan air," imbuhnya. 

Dengan kejadian tersebut, akan ada beberapa antisipasi yang dilakukan oleh KPU Kabupaten Tuban, seperti berkomunikasi dengan penyedia gudang, agar talang yang bocor segera diperbaiki. 

Selain itu, pengaman kedua yang dilakukan KPU Kabupaten Tuban dengan menutup logistik yang sudah datang dengan terpal atau plastik untuk keamanan kedua. 

"Kita telah berkoordinasi dengan penyedia gudang untuk diperbaiki titik kebocoran dan pemilik gudang telah bersedia selain itu juga nantinya kita akan tutupi logistik yang ada dengan terpal atau plastik untuk pengamanan kedua," bebernya. 

Lebih lanjut, ia memastikan jika untuk perbaikan seperti penambalan talang gudang yang bocor, diperkirakan akan selesai antara 2 sampai 5 hari mendatang. 

Disinggung terkait logistik yang sudah ada di gudang logistik menurut Fahruddin ada beberapa logistik yang sudah datang dan lengkap seperti bilik suara, kabel ties, segel plastik dan kertas. Sedangkan logistik yang sudah ada sebagian adalah kotak suara. Serta ada beberapa yang juga belum datang. 

"Kotak suara itu masih hanya di sekitar 20% dari kondisi kebutuhan, jadi masih 2.950 dari 18.000 sekian," katanya. 

Sesuai dengan jadwal  kotak suara akan dikirim ke Jawa Timur sekitar tanggal 17 Desember, namun dimungkinkan untuk Kabupaten Tuban, sebelum sebelum tanggal 17 Desember sudah terkirim. 

Sedangkan untuk surat suara menurut Fahruddin, baru terkirim sekitar tanggal 1-17 Januari 2024. [Nur/Ali]