Wayah Barat, Hasil Tangkapan Nelayan di TPI Palang Tuban Cenderung Menurun

Reporter: Savira Wahda Sofyana

blokTuban.com - Memasuki peralihan musim dari musim kemarau ke musim penghujan, membuat suasana angin di tengah laut menjadi tinggi. Hal tersebut, mengakibatkan hasil tangkapan ikan di Kabupaten Tuban cenderung mengalami penurunan. 

Kondisi ini, salah satunya turut dikeluhkan oleh seorang nelayan Tuban, yang berada di Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Desa Palang, Kecamatan Palang, Kabupaten Tuban. Menurutnya, saat ini hasil tangkapan ikan nelayan lebih sedikit dibandingkan biasanya, lantaran sedang wayah (musim) barat. 

"Sekarang wayah baratan mbak, jadi hasil tangkapannya lebih sedikit dari biasanya," ujar Hisyam kepada blokTuban.com, Sabtu (18/11/2023). 

Menurutnya, jika biasanya sekali berlayar ia bisa mendapatkan ikan dengan jumlah 1 kwintal, namjn kini rata-rata ia hanya bisa membawa ke darat hasil tangkapannya tersebut dengan jumlah kurang lebih 90 kilogram. 

Menurunnya hasil tangkapan ikan pada musim baratan ini, lanjutnya, lantaran pada musim ini kondisi angin di tengah laut menjadi lebih kencang. Namun, hal ini berbanding terbalik pada saat musim angin timur, yang membuat hasil tangkapan ikan sedikit membaik. 

"Anginnya kencang mbak, jadi hasil tangkapannya berkurang, beda kalau angin timur biasanya lebih banyak hasilnya," jelasnya. 

Kendati demikian, pria ini mengaku tidak bisa berbuat apa-apa. Pasalnya, banyak atau tidaknya hasil tangkapan ikannya tergantung pada alam yang bersahabat. Meski begitu, ia berharap agar harga ikan di Kabupaten Tuban bisa naik. [Sav/Dwi] 

 

 

Temukan konten blokTuban.com menarik lainnya di GOOGLE NEWS