Tuban Produsen Padi Terbesar ke-5 di Jatim, Bupati Lindra Komitmen Berdaulat Pangan

Reporter : Ali Imron 

blokTuban.com - Kabupaten Tuban menduduki peringkat ke-5 produksi padi terbesar se-Jawa Timur dengan luas panen 85.288 hektare, Kamis (16/11/2023). 

Di mana produksi gabah kering giling sebesar 498.939 ton, setara beras 288.097 ton yang setelah dikurangi konsumsi penduduk mengalami surplus rata-rata sebesar 50,09 persen per tahun. 

Kepala DKP2P Kabupaten Tuban, Eko Julianto menambahkan mengatakan, dalam rangka peningkatan produksi pertanian sesuai arahan Bupati Tuban, pada tahun 2022 Pemkab Tuban telah membangun Jaringan Irigasi Tersier (JIT) sebanyak 15 unit dengan total panjang 3.336 meter.

"Lalu pembangunan irigasi air tanah dangkal (sumur bor dan pompanisasi) sebanyak 21 unit, dan Jalan Usaha Tani (JUT) sebanyak 49 unit dengan panjang 41.601 meter," ujar Eko Julianto dalam keterangan resminya. 

Dengan capaian tersebut, Gubernur Jawa Timur, Dr. (H.C.) Dra. Hj. Khofifah Indar Parawansa, M.Si., menyerahkan penghargaan Peduli Ketahanan Pangan kepada Bupati Tuban, Aditya Halindra Faridzky di Jatim Expo Surabaya.

Penghargaan diberikan atas program yang dikembangkan Pemkab Tuban, yaitu Puas Di Hati (Pupuk Asli Dihasilkan Petani) dan Gerbang Pertama (Gerakan Bangkit Pertanian Menuju Alam).

Penyerahan penghargaan bersamaan dengan Peringatan Hari Pangan Sedunia ke-43 Provinsi Jawa Timur Tahun 2023.

Hadir pada kesempatan ini Kepala Badan Pangan Nasional, Arief Prasetyo Adi, S.T., M.T., bupati dan walikota se-Jawa Timur, dan sejumlah pimpinan OPD Provinsi Jawa Timur dan instansi pemerintah lainnya.

Bupati Tuban, Aditya Halindra Faridzky, menyampaikan terima kasih atas penghargaan yang diterima. Penghargaan tersebut menjadi motivasi bagi Pemkab Tuban bersama petani dalam optimalisasi lahan pertanian secara berkelanjutan. Ketahanan pangan merupakan kondisi terpenuhinya pangan bagi negara sampai perorangan. 

"Adapun tolok ukurnya berupa tersedianya pangan yang cukup, beragam, bergizi, seimbang dan aman, merata dan terjangkau untuk hidup sehat, aktif dan produktif secara berkelanjutan," jelas Lindra.

Lebih lanjut, Pemkab Tuban berkomitmen mewujudkan Tuban yang mandiri dan berdaulat pada sektor pangan, meliputi tanaman pangan, perkebunan, hortikultura, peternakan dan perikanan. Kabupaten Tuban merupakan daerah potensi pangan yang berwawasan pada penerapan usaha tani organik. [Ali/Dwi]