Kalahkan 30 Desa, BUMDes Karangagung Palang Tuban Terbaik II Jatim

Reporter : Savira Wahda Sofyana

blokTuban.com - Masyarakat di Kabupaten Tuban patut bangga dengan prestasi yang telah diperoleh Badan Usaha Desa (BUMDes) Karangagung, Kecamatan Palang karena telah mewakili Kabupaten Tuban dan menorehkan prestasi di tingkat provinsi, dalam ajang Lomba Badan Usaha Milik Desa Provinsi Jawa Timur Tahun 2023, Selasa (14/11/2023).

Kepala Desa (Kades) Karangagung, Aji Agus Wiyoto mengatakan dalam perlombaan ini, pihaknya berhasil meraih Juara Terbaik II Kategori Bermanfaat, dengan mengalahkan kurang lebih 30 desa lain yang ada di kabupaten/kota lainnya. 

"Alhamdulillah BUMDES Bahari Sejahtera Desa Karangagung, mengikuti lomba BUMDes di tingkat Jawa Timur dan mendapatkan Juara II Kategori BUMDes Bermanfaat," ujarnya kepada blokTuban.com. 

Menurut Aji sapaan akrabnya, penghargaan yang diraihnya ini didapatkannya bukan tanpa proses. Pasalnya, butuh proses yang panjang untuk sampai di titik ini. Seperti halnya menyiapkan profil tentang Bumdes, kisi-kisi, produk unggulan, sistem kelembagaan, ataupun membuat struktur kelembagaan UMKM dan sektor perdagangan. 

Dari struktur tersebut, kemudian BUMDes Karangagung berhasil menyisihkan beberapa peserta lainnya, dan masuk ke dalam 12 besar dan mempresentasikan seluruh karya ataupun hasil dari BUMDes dihadapan panitia dan dewan juri. 

"Dari 12 BUMDes yang telah mempresentasikan tersebut, tahap selanjutnya yaitu masuk ke enam besar.  Setelah masuk enam besar, setelah itu seluruh masing-masing dari seluruh komponen, ada kunjungan lapangan dari tim khusus juru ke BUMDes kami," jelasnya. 

Dengan proses yang memakan waktu kurang lebih enam bulan tersebut, akhirnya BUMDes yang berdiri sejak tahun 2018 ini ditetapkan menjadi Juara Terbaik II, sehingga menambahkan sederet prestasi yang telah diperoleh Kabupaten Tuban dikancah Provinsi Jawa Timur. 

Di sisi lain, Aji juga menjelaskan jika unit kerja yang dimiliki oleh BUMDes Karangagung ini yaitu pusat oleh-oleh Khas Pesisir Tuban, karena desa tersebut terletak di Pesisir Pantai Utara Tuban. 

Oleh karena itu, sebagian besar masyarakat yang tinggal di desa tersebut, bermatapencaharian sebagai nelayan. Sehingga, tercetuslah ide untuk membuat BUMDes tersebut, dengan mengelola hasil tangkapan masyarakat menjadi suatu produk bernilai jual lebih tinggi. 

Seperti halnya kerupuk ikan, terasi, ikan keripik, sambal cumi, hingga ikan kering, yang turut dipasarkan di BUMDes Karangagung tersebut. 

"Untuk kesulitannya salah satunya adalah kita harus menyiapkan lebih spesifik dan detail, terkait kebutuhan yang harus disiapkan sesuai dengan bidang maupun fungsi  dari masing-masing juri, karena juri dari provinsi total 12 juri," paparnya. 

Adapun kriteria penilaiannya, lanjutnya, diantaranya yaitu pengelolaan laporan pertanggungjawaban keuangan BUMDes, penguatan kelembagaan, sinergitas komunikasi dengan lembaga lain, pemasaran market dan juga managemen pengelolaan BUMDes. 

Lebih lanjut, dengan diraihnya prestasi ini, maka Aku berharap ini dapat menjadi langkah awal untuk berbenah lebih baik, dan semakin  berinovasi lagi. 

"Keberhasilan ini kami persembahkan oleh dan dari warga masyarakat Karangagung, dan seluruh tim BUMDes, stakeholder ataupun lembaga desa yang luar biasa. Tidak lupa kami sampaikan terimakasih kepada Pemerintah Kabupaten Tuban atas motivasi, arahan dan pembinaannya," pungkasnya. [Sav/Ali]