Cicipi Churros, Makanan Kekinian di Bekas Stasiun Tuban

Reporter : Savira Wahda Sofyana

blokTuban.com - Di era yang semakin modern saat ini, semakin banyak jajanan unik dan menggiurkan bermunculan di pasaran, salah satunya ialah churros, makanan street food paling populer di Spanyol

Biasanya, makanan ini berbahan utama tepung terigu yang kemudian dibentuk memanjang dengan variasi garis-garis di luarnya. 

Meski rasa yang dihasilkan oleh churros ini sangat gurih dan renyah, namun pada umumnya masyarakat menikmati hidangan satu ini dengan dipadupadankan dengan saos sesuai dengan selera penikmatnya. Mulai dari saos coklat, strawberry, tiramisu, hingga berbagai varian rasa lainnya. 

Selain di Spanyol, kini churros juga bisa ditemukan di Indonesia, salah satunya di Kabupaten Tuban. Di sini, churros juga bisa ditemui di deretan stand yang ada Stasiun Kuliner Tuban, tepatnya di Kelurahan Doromukti, Kecamatan Tuban, Kabupaten Tuban. 

Salah seorang penjual Churros, Melisa mengatakan jika stand makanan yang dijaganya tersebut sudah buka setiap hari  sejak satu bulan yang lalu, dengan jam buka mulai pukul 14.00 Wib hingga 22.00 Wib. 

"Saya jualan ini sudah sejak 23 September kemarin, jadi sudah satu bulanan disini. Kalau untuk bukanya mulai jam 2 sore sampai jam 10 malam, setiap stand beda-beda disini," paparnya kepada blokTuban.com, saat ditemui Minggu (29/10/2023).

Di kedai Aneka Jaya Snack nya tersebut, tidak hanya menjual churros saja, namun juga berbagai snack lainnya. Seperti halnya brulle bomb cheese, brulle bomb ori, dan juga brulle bomb ayam. 

Selain rasanya yang enak, harga yang ditawarkan juga sangat terjangkau, yaitu mulai harga Rp8 ribu hingga Rp22 ribu saja per porsinya.

"Di sini juga jual es lumut harganya Rp8 ribu, untuk churros toppingnya ada beberapa macam, yaitu coklat, tiramisu dan cinnamon sugar," jelasnya. 

Lebih lanjut, perempuan berhijab ini berharap untuk ke depannya penjualan Snack nya tersebut bisa semakin diminati banyak orang dan lebih dikenal oleh masyarakat luas. 

Sementara salah seorang pembeli, Rere mengaku sangat menyukai jajanan satu ini, karena selain murah dan enak, juga mengenyangkan saat dimakan sehingga bisa sebagai pengganjal rasa lapar. 

"Di sini menurut saya churros nya enak, tidak enek dan rasanya pas di lidah, terus cocok juga buat nyemil sepulang kuliah, harganya juga terjangkau dikantong mahasiswa," pungkasnya. [Sav/Ali]