Warga Desa Temandang Tuban Sejak Dulu Terkenal Kompak Gotong Royong

Oleh: Nurul Mu'afah

blokTuban.comTemandang merupakan sebuah desa di Kecamatan Merakurak, Kabupaten Tuban. Desa yang saat ini dipimpin oleh Tinik selaku Kepala Desa Tumandang tersebut memiliki luas wilayah seluas 1.161 Ha.

Desa Temandang berjarak 7 Km dari Kecamatan Merakurak, yang dapat ditempuh dengan waktu sekitar 10 menit. Sedangkan jarak tempuh ke ibu kota kabupaten adalah 17  km, yang dapat ditempuh dengan waktu sekitar 15 menit.

Desa ini memiliki penduduk sebanyak -/+ 3.000 jiwa, dengan mayoritas penduduk beragama Islam dan bermatapencaharian sebagai petani serta buruh pabrik.

Keberadaan suatu desa tak terlepas dari sejarah asal-usulnya, begitu pula dengan Desa Tumandang. Konon ceritanya, dahulu kala berdirilah Masjid Demak yang mana dari setiap wali memiliki tugasnya sendiri-sendiri. Di antara sembilan wali yang mendapatkan tugas membuat tiang atau suko masjid adalah Sunan Kali Jaga.

Pada waktu itu Sunan Kali Jaga menemukan pohon jati di sebelah Desa Koro, kemudian pohon itu dipilih dan ditebang sehingga menimbulkan suara yang sangat dahsyat. Mendengar suara tersebut sekelompok masyarakat yang berasal dari sebelah utara Desa Koro berbondong-bondong datang ke pusat suara tersebut.

Sunanpun bertanya mengenai apa maksud kedatangan mereka kepada gerombolan orang tadi. Lalu mereka menjawab “Kami ingin “Tumandang Gawe” (memberikan bantuan).” Mendengar kalimat itu sang wali lantas berkata pada masyarakat tersebut “Kalau begitu kami akan memberikan nama Temandang pada tempat kalian berasal.”

Tinik selaku Kepala Desa Tumandang menambahkan secara sekilas mengenai sejarah asal-usul Desa Tumandang.

“Desa ini adalah Temandang yang kurang lebihnya itu asal-usulnya dari dulu itu, warga sini itu ketika ada sesuatu yang dikerjakan itu giat, bersama-sama langsung tumandang, ikut bersama-sama untuk bekerja keras untuk melaksanakan atau mengerjakan sesuatu yang sifatnya kegotong-royongannya itu kuat,” Ujarnya, Sabtu (7/10/2023).

Tinik menambahkan, bahwa tumandang maksudnya tumandang gawe atau bisa diartikan sebagai memberi bantuan. Dari cerita inilah desa ini disebut Desa Temandang.

“Untuk ikon desa dalam proses kita bangun sekarang ini adalah  “SORGA”, Sarana Olahraga Desa Temandang,” Jelas Tinik Kepala Desa Temandang.

Adapun mengenai ikon desa yang saat ini baru dalam proses pembangunan selama tiga tahun terakhir adalah “SORGA” yakni Sarana Olahraga Desa Temandang. Sorga ini terdiri dari berbagai macam lapangan olahraga, taman bermain, jogging track, dan kolam pancing yang terletak di Dusun Tlogo Agung, Desa Temandang. [Af/Ali]