Sabtu Cerah dan Suhu Tertinggi 36⁰ Celcius, Cek Kondisi 30 September dan 1 Oktober di Tuban

Reporter : Ali Imron 

blokTuban.com - Pada Sabtu (30/9/2023) kondisi suhu di Kabupaten Tuban terpantau cerah dan panas. Bahkan suhu tertingginya mencapai 36⁰ celcius. 

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) merilis tiga wilayah Tuban yang suhunya tinggi 36⁰ Celcius, yaitu Kecamatan Parengan, Rengel, dan Soko. 

Meski suhunya tertinggi, namun kecepatan angin di ketiga kecamatan tersebut sama dengan wilayah lain yaitu 30 Km/jam. Yang lebih rendah adalah kelembapan udaranya. Rata-rata wilayah Tuban memiliki kelembapan 45-85 persen, namun di wilayah itu hanya 35-85 persen. 

Suhu terpanas di Tuban kedua ada di Kecamatan Senori yakni 35⁰ celcius. Lalu, untuk rata-rata wilayah yang lain suhunya 32⁰ dan 33⁰ C. 

Adapun kondisi cuaca di Tuban pada Minggu (1/10/2023), lebih dingin kisaran 32⁰ hingga 33⁰ C. Selain itu tinggi gelombang di Tuban masuk kategori rendah dengan tinggi kurang dari 1 meter. 

"Suhu dan tinggi gelombang laut cocok untuk berwisata ke pantai," tulis BMKG di akun resmi IG dikutip blokTuban.com. 

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Kabupaten Tuban menyebut potensi kekeringan ekstrem di Bumi Ronggolawe Tuban, akan melanda dalam kurun waktu yang lebih lama. 

Kepala BMKG Kabupaten Tuban, Zem Irianto Padma mengatakan jika Kabupaten Tuban baru akan memasuki musim penghujan di akhir bulan November hingga awal  bulan Desember 2023. 

"Awal musim hujan di Kabupaten Tuban diprediksi terjadi pada akhir bulan November sampai Desember," katanya. [Ali/Dwi]

 

Temukan konten blokTuban.com menarik lainnya di GOOGLE NEWS