Cara Mudah Laporkan Kendaraan Bermotor yang Hilang, Kapolres Tuban:  Lacak Melalui Ilmu Semeru

Reporter: Muhammad Nurkholis

blokTuban.com - Jika kalian kehilangan kendaraaan bermotor, saat ini proses pelaporan dan pelacakan motor yang hilang akan lebih mudah dengan adanya inovasi terbaru bernama aplikasi Ilmu Semeru. 

Aplikasi yang dikembangkan oleh Ditlantas Polda Jatim  ini sudah bisa diunduh melalui aplikasi Play Store di smartphone kalian. Aplikasi ini pun terbilang cukup ringan di smartphone sebab hanya berukuran 2,1 MB saja. 

Untuk melaporkan kendaraan yang hilang, caranya pun sangat mudah, dengan aplikasi Ilmu Semeru kita hanya cukup registrasi akun dan mengisi data kendaraan sesuai format yang telah disediakan di dalam aplikasi tersebut. 

Kemudian untuk mengecek kendaraan yang hilang pengguna hanya perlu memasukkan nomor polisi kendaraan yang akan dicari. Dan jika kendaraan tersebut telah diamankan kantor kepolisian di jajaran polda Jatim.

Maka akan muncul informasi lengkap mengenai kendaraan tersebut serta informasi kontak yang dapat dihubungi. 

Kapolres Tuban AKBP Suryono, melalui Kasat Tahti Iptu Imam Sarno berujar jika dalam aplikasi tersebut, terdata kendaraan bermotor sudah diamankan oleh pihak kepolisian, nantinya pemilik dapat mengetahui dimana letak kendaraan bermotor yang sudah diamankan. 

"Apabila sudah diamankan pihak Kepolisian, bisa langsung diketahui di Polres atau Polsek mana kendaraan tersebut diamankan" Ucap Imam Sarno.

Di tempat yang sama Kasat lantas AKP Kadek Aditya Yasa Putra,  menjelaskan apabila kendaraan yang hilang teregistrasi dengan benar pasti datanya akan muncul dalam aplikasi tersebut.

"Aplikasi ini sangat bagus, silahkan rekan-rekan untuk disosialisasikan kepada masyarakat" ujar perwira kelahiran pulau dewata ini. 

Dalam kesempatan itu, Kasat lantas juga menyerahkan barang bukti kendaraan bermotor kepada masyarakat yang telah melaporkan kehilangan dan menyatakan sesuai dengan data yang ada pada aplikasi Ilmu Semeru.

"Hari ini kami serahkan secara simbolis kepada pemilik dengan catatan harus menunjukkan surat-surat aslinya" imbuhnya.

Sementara itu diketahui dari aplikasi Ilmu Semeru terdapat  6.600 total barang bukti yang sudah terkumpul,  dan mayoritas masih didominasi oleh kendaraan roda dua dengan rincian sebagai berikut: 548 kendaraan Sedan, Pick Up/ Truck Kecil, dan Bus. 

Terdapat 5.786 Kendaraan bermotor Roda Dua, 171 Truk dengan 2 Gandar, 34 Truk dengan 3 Gandar, dan 21 Truk dengan 4 Gandar.  Saat ini sudah ada 475 kendaraan yang berhasil Diserahterimakan. [Nur/Dwi]

 

 

Temukan konten blokTuban.com menarik lainnya di GOOGLE NEWS