Bawaslu Tuban Awasi Tour De Walisongo, Antisipasi Kampanye Terselubung

Reporter: Muhammad Nurkholis

blokTuban.com - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Tuban akan memantau Tour de Walisongo yang dilaksanakan oleh Bakal Calon Wakil Presiden Muhaimin Iskandar di Kabupaten Tuban, Sabtu (9/09/2023). 

Dikabarkan pada minggu lalu Sabtu (2/09/2023), Muhaimin Iskandar telah mendeklarasikan diri sebagai bakal calon wakil presiden di Hotel Majapahit, Surabaya mendampingi Anies Baswedan sebagai bakal calon presiden. 

Mengantisipasi adanya kampanye terselubung, Ketua Bawaslu Kabupaten Tuban M. Arifin melalui pesan Whatsapp menjelaskan jika Bawaslu Tuban akan melakukan pemantauan agar tidak terjadi pelanggaran. 

"Iya akan kita pantau," tulisnya. 

Lebih lanjut, Arifin menjelaskan bahwa sebelumnya Bawaslu Tuban sudah melakukan koordinasi dengan Dewan Pengurus Cabang (DPC) Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Tuban, agar taat aturan yang berlaku, saat melakukan kegiatan sosialisasi. 

"Sudah kita koordinasikan agar taat aturan saat melakukan sosialisasi," sambungnya. 

Menurut Arifin hal ini lantaran  ada aturan yang harus ditaati oleh semua peserta pemilihan umum tahun 2024, sejak ditetapkan nya partai politik dan nomor urutnya. Namun, dari informasi yang Arifin dapatkan bahwa cak Imin tidak jadi datang di Tuban.

"Info terakhir gak jadi dateng mas, untuk alasannya kurang tahu," imbuhmya. 

Dari pantauan blokTuban.com, benar bahwa cak Imin tidak tampak  dalam rombongan Tour de Walisongo di makam Sunan Bonang Tuban hanya tampak Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah, Anggota Komisi VII DPR RI Ratna Juwita Sari dan Sekretaris DPC PKB Tuban, Mirza Ali Mansyur dan berbagai kader PKB lainnya. [Nur/Ali]