Jalin Silaturahmi, Yabika Tuban Gelar Halaqah Ulama Internasional

Reporter: Savira Wahda Sofyana

blokTuban.com - Yayasan Bina Insan Kamil (Yabika) Tuban, mengadakan Halaqoh Ulama yang bertemakan Halaqoh Bina Insan Kamil, bertempat di Hall Center Bina Insan Kamil, yang berada di Kelurahan Kembangbilo, Kecamatan Tuban, Kabupaten Tuban. 

Kegiatan Halaqah yang diikuti kurang lebih oleh 500 peserta dari berbagai kalangan seperti wali santri, ulama, astatidz, pimpinan pondok, takmir masjid, maupun perwakilan dari pesantren, TPQ dan juga sekolah ini, menghadirkan Ulama Internasional, yaitu Syaikh Dr. Hasyim Kamil Hamid Musa.

Ketua Umum YABIKA,  KH. Imam Mawardi R mengatakan bahwa Halaqoh Ulama ini penting dilakukan karena merupakan bagian dari Ikhtiar dalam ikatan keilmuwan Ahli sunnah wal Jamaa’ah, yang sanadnya jelas dan benar hingga Rasulullah SAW. 

"Selain itu kegiatan Halaqah Ulama ini juga  sebagai majelis silaturahmi para ulama, santri juga umat untuk saling bersinergi dan menjaga ukhuwah umat dan bangsa ini," jelasnya Rabu (6/9/2023). 

Disamping itu, dalam kesempatan ini pria yang akrab disapa Abah Imam tersebut, menghimbau kepada para peserta yang hadir, untuk bisa memanfaatkan moment langka itu dengan sebaik-baiknya. 

Sebab pada kegiatan ini, para peserta dapat langsung berhadapan dengan ulama, yang sanad keilmuannya diakui oleh dunia internasional, yang datang langsung dari Al-Azhar Mesir untuk memberikan wawasan. 

Halaqah ulama internasional di Kabupaten TUban. (Foto: Savira W Sofyana/ bloktuban)

Dimana, dalam halaqoh ini Dr. Hasyim Kamil Hamid Musa membahas salah satu kitab, yaitu Syarah Aqidatul Awam karya Abuya Sayyid Muhammad Bin Alawi Al-Maliki Alhasani, tentang bagaiamana Aqidah seorang muslim harus dibangun dengan benar dan sesuai ajaran Rasulullah SAW. 

Sementara itu, Ketua Panitia Pelaksana Halaqoh, Habib Ikhwanudin juga menjelaskan bahwa Halaqah ini merupakan  salah satu upaya Yayasan Bina Insan Kamil dalam rangka Dakwah Lillah, bagian dari bina lingkungan dan juga memperluas jaringan persaudaraan serta sinergi antar lembaga Islam di Kabupaten Tuban. 

Dengan demikian, maka ia berharap adanya kegiatan tersebut para peserta yang hadir dapat menambah wawasan serta keilmuan yang bermanfaat. 

“Semoga dengan kegiatan Halqah ini, para peserta dapat belajar dan mendapatkan manfaatnya dan keberkahan Ilmu," imbuhnya. [Sav/Dwi]

 

Temukan konten blokTuban.com menarik lainnya di GOOGLE NEWS

 

https://news.google.com/publications/CAAqBwgKMNPtuAsw4IjQAw?r=0&oc=1&hl=id&gl=ID&ceid=ID:id&m=1&m=1