Mahipal Datangkan Instruktur Penyelaman Gua Asal Prancis ke Tuban

Oleh : Kharisma Yuda

blokTuban.com - Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Mahasiswa Pecinta Alam (Mahipal) Universitas PGRI Rongolawe (Unirow) Tuban menjadi fasilitator program Forum Group Discution Speleo Talk dengan menghadirkan narasumber Instructur Cave Diving Internasional bernama Robin Cuesta dari Prancis

Program ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan sharing kepada penggiat alam bebas dan para penelusur gua di Indonesia dan Tuban pada khususnya tentang penyelaman di gua.  Karena di Indonesia merupakan kegiatan outdoor yang baru, apalagi Tuban memiliki potensi tempat penyelaman gua pertama di pulau Jawa.

Selain itu, kegiatan ini sebagai modal upgrading Mahipal Unirow, yang mana juga akan tergabung dalam tim internasional dalam NIXIE EXPEDITION di Buton Tengah 2024 mendatang.

Kegiatan yang dilaksanakan di Kampus Unirow Tuban tersebut diikuti sekitar 35 peserta dan dihadiri juga oleh Rektor Unirow Prof. Dr. Supiana Dian Nurtjahyani, M.Kes bersama jajaranya, Jumat (18/8/2023) 

Rektor Dian berharap dengan dilaksanakan kegiatan ini, dapat meningkatkan promosi potensi kawasan karst Tuban. Sekaligus menjadi semangat konservasi pendataan dan perlindungan kedepannya.

"Ini merupakan kesempatan yang luar biasa bisa belajar langsung dari salah satu legenda penyelaman gua dunia bagi Mahipal UNIROW. 

Tuban sebagai salah satu kawasan karst / kapur memiliki banyak potensi baik diatas permukaan maupun dibawah permukaan tanah," ujarnya.  

Potensi bawah permukaan dalam hal ini berupa bentukan gua yang banyak ditemukan di Tuban. Salah satunya adalah gua yang terdapat aliran air bawah tanah yang baru-baru ini ditemukan di Desa Jadi, Kecamatan Semanding  dan gua-gua berair lainnya yang masuknya harus menggunakan tabung selam. [*/Ali]