Malam Kemerdekaan, Masyarakat di Tuban Gelar Tirakatan

Reporter: Savira Wahda Sofyana

blokTuban.com - Menjelang datangnya hari Kemerdekaan atau 17 Agustus, sejumlah masyarakat di Kabupaten Tuban menggelar malam tirakatan, yang diadakan di masing-masing desa. Tak terkecuali di Desa Patihan, Kecamatan Widang, Kabupaten Tuban. 

Menurut salah satu warga, Ilham mengatakan jika malam tirakatan menjelang 17 Agustus ini, selalu digelar setiap tahun di desanya, dengan tujuan untuk mengenang serta mendoakan para pahlawan yang telah gugur, serta menyemarakkan hari kemerdekaan Republik Indonesia (RI). 

"Setiap tahun kita memang selalu mengadakan malam tirakatan seperti ini pada tanggal 16 Agustus malam. Memang sudah tradisi turun temurun disini seperti itu," ujarnya kepada blokTuban.com, Rabu (16/8/2023). 

Dalam pelaksanaannya, lanjutnya, selain diisi dengan doa dan renungan bersama, masyarakat juga menyantap makanan secara bersama-sama. Sehingga, tradisi ini juga dapat mempererat hubungan antar tetangga. 

Kegiatan tirakat menyambut Hari Kemerdekaan RI ke 78 tahun, (Foto: Savira W Sofyana/bloktuban)

Sementara itu, masyarakat lain dari Dusun Sejuwet, Desa Leran Kulon, Kecamatan Palang, Kabupaten Tuban, Izzah menambahkan bahwa malam tirakatan yang digelar oleh masyarakat tersebut, biasanya dilakukan secara serentak di masing-masing dusun yang ada di desa. 

"Alhamdulillah kita bisa berkumpul lagi untuk menghadiri malam tirakatan, yang diadakan oleh Dusun Sejuwet," paparnya. 

Dengan diselenggaranya kegiatan ini, maka perempuan berusia 25 tahun tersebut, berharap untuk ke depannya rasa cinta masyarakat terhadap tanah air semakin tinggi. Serta tradisi tirakatan seperti ini, masih tetap lestari sampai kapanpun. 

"Agar tradisi ini bisa tetap lestari, maka kita sebagai generasi muda harus senantiasa bangga dan menjujung tradisi turun-temurun yang ada di wilayah kita," tutupnya. [Sav/Dwi]

 

Temukan konten blokTuban.com menarik lainnya di GOOGLE NEWS