Jadwal Tuban Specta Night Carnival Berubah-ubah Bikin Bingung Jasa Persewaan Kostum

Reporter : Savira Wahda Sofyana

blokTuban.com – Gelaran Tuban Specta Night Carnival yang semula dijadwalkan akan berlangsung pada 22 Agustus 2023 mendatang, dikabarkan mundur dari jadwal yang semula, lantaran adanya beberapa penyebab.

Dari informasi yang beredar dimasyarakat jadwalnya pun masih berubah-ubah. Kondisi ini, tentu membuat bingung para penyedia jasa persewaan kostum, yang ada di Kabupaten Tuban.

Bagaimana tidak, jadwal yang semula telah disepakati oleh para costumer, mendadak diundur sehingga harus mereschedule jadwal berbagai pernak-pernik kostum yang akan disewakan tersebut. 

Salah satu penyedia jasa persewaan kostum di Kelurahan Gedongombo, Kecamatan Semanding, Kabupaten Tuban, Dian mengatakan jika berubah-ubahnya jadwal Tuban Specta Night Carnival, turut berdampak pada jasa persewaan kostum miliknya. 

“Sangat berpengaruh sekali, apalagi seperti saya menyewakan kostum carnival. Yang ditakutkan adalah kostum yang sudah disewa dengan tanggal yang sudah disepakati sebelumnya, begitu tanggal berubah bisa jadi kostum tersebut sudah disewa orang lain, pada tanggal yang sama, sedangkan mereka sudah DP,” ujarnya kepada blokTuban.com, Jumat (18/8/2023).

Baca Juga:

12 Peserta Tes Perangkat Desa di Tuban Protes Koreksi LJK Manual, Bupati: Kita Evaluasi Semua

Bahkan, informasi yang dihimpun blokTuban.com di lapangan, jadwal Tuban Specta Night Carnival tersebut berubah sebanyak dua kali, dari yang semula 22 Agustus, berubah menjadi 30 Agustus dan terakhir berubah lagi menjadi tanggal 28 Agustus 2023.

Oleh karena itu, ibu dari dua orang anak tersebut berharap agar jadwal Tuban Specta Night Carnival bisa segera dipastikan oleh pihak penyelenggara, agar tidak membuat bingung penyedia jasa persewaan kostum.

“Semoga bisa segera dipastikan jadwalnya, terkait penyedia jasa persewaan kostum, yang semakin banyak permintaan mendekati hari H, agar kami tidak bingung,” katanya.

Sebab menurutnya, kostum carnival yang disediakan oleh tempat persewaan kostum, jumlahnya juga terbatas dan modelnya berbeda-beda. Sehingga jika jadwal menumpuk, dikhawatirkan tidak ada kostum yang sesuai dengan keinginan konsumen.

“Untungnya kostum saya pada saat jadwal berubah itu masih kosong, jadi bisa dipastikan masih aman. Bagaimana jika kostum tersebut keluar, bisa-bisa saya yang dimarahi konsumen,” imbuhnya.

Baca lainnya:

Dugaan Tindak Represif Oknum Aparat pada Aktivis PMII Terjadi di Tuban, Wakapolres: Kita Lakukan Pembinaan

Sementara Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian (Diskominfo SP) Kabupaten Tuban, Arif Handoyo mengungkapkan diundurnya jadwal Tuban Specta Night Carnival tersebut, lantaran padatnya acara. Sehingga pihaknya, masih mengkoordinasikannya dengan pihak keamanan terkait.

“Kita atur lagi jadwalnya karena padatnya acara, saat ini masih dikoordinasikan dengan pihak keamanan terkait dan nanti pasti kami informasikan,” ujarnya.

Senada, Kepala Dinas Kebudayaan, Pemuda, Olahraga dan Pariwisata (Disbudporapar) Kabupaten Tuban, M. Emawan menjelaskan bahwa penundaan kegiatan tersebut, karena banyak berbenturan dengan kegiatan yang lain.

“Penundaan semata-mata karena banyak benturan, dengan kegiatan lain dan untuk memantapkan persiapan,” pungkasnya. [Sav/Ali]