CNG Gantikan Gas Oil di Kilang TPPI Tuban

Reporter : Ali Imron 

blokTuban.com - Compressed Natural Gas (CNG) tercatat sudah sebulan menggantikan penggunaan Gas Oil pada unit power generation Kilang PT Trans-Pacific Petrochemical Indotama (TPPI) Tuban. Sebab, CNG lebih ramah lingkungan karena emisi CO2 nya lebih rendah. 

Penggunaan CNG juga didasarkan pada perhitungan keekonomian yang jauh lebih baik. Dihitung Kilang TPPI mampu beroperasi dengan lebih andal, efisien dan dapat menekan biaya pokok produksi dengan menurunnya penggunaan gas oil yang semula digunakan untuk bahan bakar unit power generation akan menjadi tambahan pendapatan bagi TPPI.

TPPI telah berhasil melaksanakan uji coba penggunaan CNG dengan melakukan discharging 1000 MMBTU ke unit power generation dan berhasil hingga load 9MW, dengan ratio 22%, 50%, 78% hingga 100% CNG pada 26-28 September 2022, dengan tanpa melakukan perubahan software dan dengan modifikasi minimal pada sisi jalur perpipaan. 

CNG yang digunakan oleh TPPI akan dipasok oleh PT Bahtera Abadi Gas yang bekerja sama dengan PT Pertagas Niaga, sesuai dengan semangat sinergi antar Pertamina Group.

Presiden Direktur TPPI Erwin Widiarta, saat ini TPPI masih beroperasi berdasarkan kerja sama tolling dengan KPI. 

"Sehingga penggunaan CNG di Kilang TPPI, tidak hanya memberikan berbagai manfaat bagi TPPI namun juga meningkatkan profit KPI sebagai pemberi tolling," ungkap Erwin dikutip blokTuban.com dari laman Pertamina, Rabu (16/8/2023). 

Direktur Operasi KPI Didik Bahagia menyampaikan, sejalan dengan komitmen untuk mewujudkan Net Zero Emission, KPI sebagai Subholding Refining & Petrochemical Pertamina mendorong seluruh Refinery Unit dan Anak Perusahaan untuk melakukan berbagai upaya menuju Green Refinery.

Diketahui, TPPI bersama dengan PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) selaku Subholding Refining & Petrochemical Pertamina menggelar penandatanganan Berita Acara Kesepakatan Pemanfaatan CNG di Kilang TPPI Tuban, 14 Juli 2023. 

Sinergi tersebut menandakan dimulainya penggunaan CNG yang akan menggantikan penggunaan Gas Oil pada seluruh unit power generation. [Ali/Dwi]

 

Temukan konten blokTuban.com menarik lainnya di GOOGLE NEWS