Ini Rahasia Pelajar SMA dari Tuban Bisa Lolos Paskibraka Provinsi Jawa Timur

Reporter: Muhammad Nurkholis

blokTuban.com - Awalnya menjadi anggota Paskibra bukanlah minat dari Enrico Didan Gianouval (16) siswa SMA Negeri 4 Tuban dari kecil. Namun saat memasuki bangku SMA ia kemudian mulai tertarik dengan dunia Pasukan Pengibar Bendera atau Paskibra. 

Ketertarikan ini dilatarbelakangi, tekadnya yang ingin masuk ke Akademi Polisi (Akpol) ketika lulus SMA nanti. Dengan tekad tersebut, ia kemudian memantapkan diri mengikuti ekstrakurikuler Paskibra di sekolahnya.  

"Saya tertarik dengan Paskibra, karena saya ingin masuk Akpol," ujar Enrico Didan Gianouval. 

Selain bertekad untuk masuk Akpol, remaja yang akrab disapa Didan ini, juga berharap dapat membahagiakan kedua orang tuanya dengan berprestasi melalui Paskibra. 

Dengan usaha dan kerja kerasnya, saat ini Didan menjadi salah satu perwakilan Kabupaten Tuban untuk menjadi anggota Paskibraka tingkat Provinsi Jawa Timur.

Kepada blokTuban.com Didan menceritakan bahwa awalnya ia tak menduga bisa masuk menjadi anggota Paskibraka tingkat provinsi. Namun dengan hasil yang diraih tersebut, ia merasa sangat senang dan keinginannya membahagiakan orang tuanya pun bisa terpenuhi. 

"Mendapat kabar lolos menjadi Paskibraka provinsi senang sekali mas," imbuhnya. 

Remaja yang mencintai mata pelajaran olahraga ini, menuturkan bahwa untuk menyiapkan diri mengikuti tes seleksi Paskibraka tingkat provinsi ia selalu melakukan beberapa latihan fisik seperti lari, push up, back up, site up. 

"Untuk menyiapkan tes, saya biasanya setiap hari akan melakukan jogging, dengan jarak tempuh rata-rata 3 kilometer," sambungnya. 

Selain itu remaja yang saat ini duduk di bangku kelas XI A ini, membeberkan salah satu tips agar bisa lolos Paskibraka tingkat provinsi yaitu dengan memiliki niat dan motivasi diri yang tinggi.

Walaupun Terkadang ia juga mengalami penurunan semangat, namun ia selalu memotivasi dirinya sendiri agar kembali ingat tujuan awal. 

"Biasanya kalau semangat mulai hilang saya akan memotivasi diri agar ingat tujuan awal," ungkapnya.

Selain lolos menjadi anggota Paskibraka Provinsi ternyata Didan juga memiliki berbagai prestasi mentereng lainnya, seperti menjadi salah satu pemain inti dalam tim bola basket SMA Negeri 4 Tuban, dari kontribusinya tersebut, timnya  berhasil menjadi juara 2 tingkat kabupaten pada tahun 2022, selain itu  ia juga pernah mengikuti lomba paskibra dan menjadi juara harapan 3 tingkat Provinsi. 

Sebagai informasi tambahan Didan dan Elok Nurunnajah Wahyudi, siswi dari SMAN 1 Jatirogo perwakilan dari Kabupaten Tuban akan melaksanakan kegiatan Pemusatan Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) Calon Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Capaska) Tingkat Provinsi Jawa Timur Tahun 2023 mulai tanggal 6 Agustus 2023 hingga 21 Agustus 2023, bertempat di Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Provinsi Jawa Timur.[Nur/Dwi]

 

Temukan konten blokTuban.com menarik lainnya di GOOGLE NEWS