Musim Kemarau, Dinkes Tuban Himbau Masyarakat Rajin Konsumsi Air Putih

Reporter: Savira Wahda Sofyana

blokTuban.comBadan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Kabupaten Tuban, memprediksi jika puncak musim kemarau Tahun 2023 ini, akan terjadi pada Bulan Agustus mendatang.

Hal tersebut, tentu berdampak banyak  terhadap hujan di pasifik timur dan tengah,  namun sedikit hujan  dan udara kering di wilayah pasifik barat, yaitu Indonesia. Terlebih, pada musim kemarau tahun diprediksi akan lebih kering dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya, lantaran adanya fenomena penguatan El Nino.

Cuaca  panas ekstrem tersebut, tentu tidak hanya akan berdampak pada aktivitas masyarakat sehari-hari,  namun juga oada  kesehatan tubuh manusia. Sehingga, sangat penting untuk mengetahui cara menjaga tubuh agar tetap sehat dan bugar.

baca juga:

- Siap-Siap! BMKG Prediksi Fenomena El Nino Semakin Kuat Bulan Agustus

 

Kepada blokTuban.com, Sekretaris Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk, dan Keluarga Berencana (Dinkes P2KB) Kabupaten Tuban Atiek Supartiningsih meminta agar masyarakat rajin mengkonsumsi air putih setiap hari, untuk menghadapi musim kemarau tahun ini.

“Ada beberapa hal yang bisa kita lakukan  untuk menjaga stamina tubuh agar tetap fit,  yaitu dengan banyak minum air putih. Jadi jangan menunggu haus terlebih dahulu baru kemudian minum,” ujarnya saat dikonfirmasi Rabu (26/7/2023).

Selain itu, Atiek sapaan akrbanya, juga mengimbau kepada masyarakat untuk menghindari secara langsung, paparan sinar matahari terutama pada saat siang hari. Pasalnya, hal ini dapat mengakibatkan sejumlah gangguan kesehatan dengan tingkat resiko yang cukup tinggi.

Selanjutnya, ia meyarankan agar masyarakat berolahraga di dalam ruangan,seperti ruangan yang ada  didalam rumah ataupu  tempat gym. Sebab, melakukan  olaharaga di luar ruangan bisa berdampak buruk bagi kesehatan, seperti sakit kepala, pinsan, atau bahkan mengalami heatstroke.

baca juga:

- Penjelasan BMKG Tuban Soal Kemarau 2023 Lebih Panjang dan Kering

“Kalau olahraga akan lebih baik bila dilakukan di dalam ruangan atau kalau di luar ruangan, hanya dilakukan dini hari,” jelasnya.

Lebih lanjut, perempuan berhijab ini  menambahkan hendaknya masyarakat juga banyak mengonsumsi makanan yang sehat, seperti halnya sayur dan juga buah-buhan yang memiliki kadar air yang tinggi.  [Sav/Dwi]

 

Temukan konten blokTuban.com menarik lainnya di GOOGLE NEWS