Luweng Wareng, Gua Terdalam di Tuban yang Kurang Populer Berdiameter 200 Meter

Reporter : Ali Imron 

blokTuban.com - Ada banyak gua yang populer di Kabupaten Tuban. Gua-gua tersebut kini telah berkembang menjadi destinasi wisata. Sebut saja Gua Akbar, Gua Ngerong, Gua Gong, Gua Putri Asih dan lain sebagainya, Minggu (2/7/2023). 

Namun, ada satu gua yang kurang populer di telinga wisatawan yang berkunjung ke Kabupaten Tuban. Gua tersebut bernama Luweng Wareng

Dikutip blokTuban.com dari akun instagram @tubantrip, Luweng Wareng terletak di Desa/Kecamatan Grabagan, Tuban. Gua ini menjadi yang terdalam di Tuban. Kedalamannya 70 meter dan berdiameter 200 meter. 

Luweng Wareng dikenal sebagai gua vertikal yang bertipe collapse doline. Terbentuk akibat proses geologi amblasnya tanah beserta vegetasi yang ada di atasnya ke dasar bumi yang terjadi ribuan tahun lalu. 

Tubantrip mengatakan, bahwa runtuhan tersebut akhirnya membentuk sinkhole atau sumuran, yang dalam bahasa Jawa disebut luweng. 

Artikel Lainnya:

- Bayar Sekali-Murah, Yuk Main Kano Sepuasnya di Silowo Tuban

- Ngafe dengan City View, Ngiyooop Cafe Rekomendasi Tempat Nongkrong Instagramable di Tuban

"Cukup besar seperti stadion luasnya dan di dalamnya terdapat hutan bawah tanah dengan berbagai vegetasi yang cukup beragam," tulis Tubantrip. 

Diketahui, pada tahun 2015 lalu Luweng Wareng pernah dijadikan lokasi pelatihan oleh Mahasiswa Pecinta Alam (Mahipal) Unirow Tuban. Para peserta cave rescue diajak untuk praktik di Luweng Wareng Grabagan, Luweng Kepleng Grabagan dan Goa Cumpleng Grabagan.

Untuk dapat menuju ke lokasi, wisatawan perlu dipandu oleh pendamping yang ahli di bidang cave rescue. Salah satunya tim Tubantrip. [Ali]

 

Temukan konten blokTuban.com menarik lainnya di GOOGLE NEWS