Sambut Hari Bhayangkara ke-77, Polsek Tambakboyo Gelar Pertunjukan Seni Tuban Thak-thakan

Reporter  : Savira Wahda Sofyana

blokTuban.com - Dalam rangka memperingati Hari Bhayangkara ke-77 tahun, Kepolisian Sektor (Polsek) Tambakboyo, menggelar pertunjukan seni Thak-thakan yang bertempat di Halaman Kantor Polsek Tambakboyo, Kabupaten Tuban. 

Diketahui, seni Thak-thakan sendiri merupakan kesenian khas yang berasal dari Kecamatan Tambakboyo. Dimana, seni pertunjukan ini dimainkan oleh tiga orang sekaligus, khususnya yang ada di wilayah pesisir Utara Kabupaten Tuban. 

Kapolsek Tambakboyo, AKP Eko Sumartono mengatakan untuk menyemarakkan dan memperingati Hari Bhayangkara ke-77, pihaknya menggelar serangkaian kegiatan, salah satunya ialah mengadakan pertunjukan seni Thak-thakan dan juga atraksi dari Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) yang ada di Kecamatan Tambakboyo. 

"Kami mengadakan beberapa kegiatan, salah satunya menghadirkan kesenian Thak-thakan dan pertunjukan dari teman-teman IPSI Tambakboyo, mulai dari Pencak Silat Pagar Nusa, PSHT, Kera Sakti, dan Tapak Suci dan semua pencak silat yang ada di Tambakboyo" ujarnya kepada blokTuban.com, saat ditemui di ruang kerjanya Sabtu (1/7/2023). 

baca juga:

Go Internasional, Thak-thakan Tuban Didorong Tiru Saung Mang Ujo Bandung

 

Thak-thakan dan Ongkek Resmi Jadi Kekayaan Kesenian Budaya Milik Tuban

Selain menampilkan Kesenian Thak-thakan, lanjutnya, pihaknya juga menggelar serangkaian kegiatan lainnya. Seperti halnya bantuan sosial pendistribusian bahan pokok kepada masyarakat kurang mampu, khataman Al-Qur'an, tasyakuran atau tirakatan, santunan anak yatim, hingga warung rakyat atau bazar UMKM. 

Adapun pagelaran Seni Thak-thakan yang diadakan sendiri, bertujuan untuk menghibur masyarakat sekitar serta sarana untuk menyampaikan kegiatan kepolisian ataupun program pemerintah lainnya. Sehingga, program-program tersebut dapat tersampaikan kepada masyarakat dengan baik. 

"Sebagai penutup, kita juga akan melaksanakan warung rakyat. Dimana, disitu disajikan berbagai makan sajian olahan hasil homemade dari masyarakat berupa makanan dari sumberdaya alam di wilayah Tambakboyo. Contohnya ikan, ubi-ubian termasuk ketela, jagung dan lain sebagainya," lanjutnya. 

Disamping itu, dari pantauan blokTuban.com di lokasi, dalam kegiatan yang dimulai sejak pukul 14.00 Wib tersebut, nampak Kapolsek Tambakboyo turut serta menari bersama para seniman Thak-thakan. Bahkan, terdapat pula anggota dari Polsek Tambakboyo yang ikut memperagakan berbagai jenis Thak-thakan. Seperti halnya gendruwo, Wewe gombel, ataupun barongannya. 

"Dia sendiri juga sebagai pelaku seni, sehingga kami saya terdukung dengan peran  bhabinkamtibmas yang bisa berkolaborasi dengan masyarakat dan kesenian yang ada di Tambakboyo," imbuhnya [Sav/Dwi] 

 

 

Temukan konten blokTuban.com menarik lainnya di GOOGLE NEWS