Akhir Pekan Wilayah Kabupaten Tuban akan Diguyur Hujan

Reporter: Muhammad Nurkholis

blokTuban.com - Akhir pekan ini diprediksi oleh Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Kabupaten Tuban, wilayah Tuban Bumi Wali akan diguyur hujan

Dari data yang diperoleh blokTuban.com dari Kepala BMKG Kabupaten Tuban, Zem Irianto Padma, wilayah Kabupaten Tuban untuk hari Sabtu (1/07/2023) diperkirakan akan diguyur hujan pada sore hari sekitar 16.00 WIB. 

Sedangkan untuk hari Minggu (2/07/2023). Wilayah Kabupaten Tuban diperkirakan akan diguyur hujan pada pagi hari sekitar pukul 07.00 WIB.

Pria yang akrab disapa Zem ini mengatakan  walaupun saat ini wilayah Kabupaten Tuban sudah memasuki musim kemarau tetapi yang perlu diingat bahwa musim kemarau bukan berarti tidak ada hujan sama sekali. 

"Musim kemarau tetap masih ada peluang hujan, tetapi jumlahnya masih di bawah rata-rata," ujar Kepala BMKG Kabupaten Tuban, Zem Irianto Padma kepada blokTuban.com, Sabtu (1/07/2023). 

Artikel Lainnya:

- Bojonegoro Juga Rasakan Getaran Gempa Bantul, 1 Rumah Dilaporkan Roboh

 

- Warga Tuban Rasakan Getaran Gempa Bantul, BMKG Buka Suara

Zem menambahkan BMKG memiliki kriteria bahwa bisa dikatakan musim kemarau apabila curah hujan yg terukur dalam 1 dasarian (10 hari) kurang dari 50 milimeter diikuti 2 dasarian berikutnya.

Disinggung apa penyebab akhir pekan ini Tuban diguyur hujan, Zem memaparkan kalau terdapat faktor lokal yg menyebabkan terjadinya hujan. 

"Penyebab kenapa masih ada hujan di musim kemarau, kemungkinan karena faktor lokal yang menyebabkan terjadinya hujan lebih dominan," imbuhnya. 

Untuk itu agar masyarakat mengetahui perkiraan cuaca di Kabupaten Tuban agar  selalu mengikuti atau memantau terus info cuaca dan peringatan dini yang dikeluarkan BMKG, baik melalui aplikasi Info BMKG dan media sosial BMKG. [Nur/Ali]

 

Temukan konten blokTuban.com menarik lainnya di GOOGLE NEWS