Gempa Bantul Terasa hingga Tuban Jatim

Reporter: Muhammad Nurkholis

blokTuban.com - Warga Kabupaten Tuban, Jawa Timur merasakan guncangan gempa bumi yang terjadi di wilayah Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. 

Diketahui malam ini, Jumat (30/06/2023) telah terjadi gempa bumi di wilayah Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta dengan kekuatan Magnitudo 6.4 di kedalaman 25 Kilometer pada pukul 19:57:43 WIB. 

Salah satu warga Tuban yang merasakan guncangan gempa ini adalah Sunaji asal Desa Katerban, Kecamatan Senori, Kabupaten Tuban. Dia mengaku merasakan guncangan gempa sekitar 10 detik. 

"Ya Mas, tadi saya merasakan sekitar 10 detik-an," ujar Sunaji warga Desa Katerban, Kecamatan Senori, Kabupaten Tuban. 

Sunaji, menambahkan kalau ia merasakan guncangan gempa sebelum pukul 20.00 WIB. Dan berita baiknya sampai saat ini di Desa Katerban masih aman dari dampak guncangan gempa tersebut. 

Artikel Lainnya:

- Tingkatkan Literasi Masyarakat, Komunitas Apelwetan Tuban Buka Lapak Baca

- Ikuti Festival Humanoid di Jakarta, Seniman Pantomim Asal Tuban Raih Juara 3

Selain di Kecamatan Senori gempa juga dirasakan hingga Kecamatan Bangilan, Hal ini diungkapkan oleh salah satu akun bernama Aya Cahaya di grup Facebook Info Bangilan Terkini (IBT). 

"Ya, aq kroso (ya, saya terasa)," Tulis akun Aya Cahaya di grup Facebook IBT. 

Diketahui, warga sejumlah wilayah di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) dan Jawa Tengah (Jateng) merasakan guncangan kuat gempa magnitudo (M)6,4. BMKG merilis fenomena geologi ini pada Jumat (30/6), pukul 19. 57 WIB. Pusdalops BNPB telah berkoordinasi dengan BPBD terdampak.

Perkembangan terkini hingga malam ini, pukul 20.40 WIB, Pusat Pengendalian Operasi (Pusdalops) BNPB menginformasikan 2 rumah warga rusak ringan di Kabupaten Kebumen, Provinsi Jateng. Informasi lain menyebutkan jaringan listrik di beberapa wilayah di Kebumen terputus karena kerusakan pascagempa. Di wilayah DIY, 1 unit rumah warga rusak, tepatnya di Kabupaten Gunung Kidul. [Nur/Ali]

 

Temukan konten blokTuban.com menarik lainnya di GOOGLE NEWS