Momentum Idul Adha, Masjid Agung Tuban Sembelih 10 Ekor Hewan Kurban

Reporter : Savira Wahda Sofyana

blokTuban.com – Dalam momentum peringatan Hari Raya Idul Adha 1444 Hijriah, pengurus Masjid Agung Tuban menyembelih sebanyak 10 hewan kurban. Dimana, proses penyembelihan hewan kurban tersebut, dilaksanakan di halaman belakang Masjid Agung Tuban.

Petugas Sekretariat Masjid Agung Tuban, Uswandi mengatakan jika jumlah hewan kurban yang dipotong hari ini, lebih banyak dibandingkan tahun sebelumnya.

“Alhamdulillah jumlah hewan kurban lebih banyak dari tahun kemarin, saat ini kami menerima enam sapi dan empat ekor kambing,” ujarnya kepada blokTuban.com, Kamis (29/6/2023).

Adapun enam sapi tersebut, lanjutnya, berasal dari Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa, Bupati Tuban, Aditya Halindra Faridzky, PT SIG Kabupaten Tuban, TPPI Kabupaten Tuban, SBI Kabupaten Tuban, serta PT PLN Nusantara Power Tj Awar-awar Tuban.

Sedangkan untuk empat ekor hewan kambing lainnya, berasal dari Hamba Allah yang tidak mau disebutkan namanya.

Selain itu, pria asal Kelurahan Kingking tersebut menambahkan bahwa seluruh daging kurban yang telah dipotong, dibagikan kepada masyarakat yang berada di sekitar masjid yang berada di Kelurahan Kutorejo, Kecamatan/Kabupaten Tuban tersebut.

“Daging kurban akan kami distribusikan kepada masyarakat sekitar, jemaah masjid, dan juga para Pedagang Kaki Lima (PKL) yang ada disekitar masjid,” ungkapnya.

Lebih lanjut, untuk mengantisipasi terjadi kerumunaan saat pengambilan daging kurban, maka pihak panitia akan membagikan atau mendistribusikan daging-daging tersebut, secara door to door dengan berkoordinasi bersama Ketua RT setempat.

“Pembagian dilakukan secara door to door dan dibantu oleh Ketua RT,” sambungnya.

Sementara dari pantauan blokTuban.com di lokasi, nampak seluruh sapi yang dijadikan hewan kurban sudah memakai eartag di telinganya masing-masing. Hal ini, menunjukkan bahwa hewan tersebut sudah mendapatkan vaksinasi Penyakit Mulut dan Kaki (PMK).

Selain itu, sebelum pelaksanaan pemotongan hewan, petugas dari dinas terkait juga terpantau telah melakukan pemeriksaan antemortem, sehingga hewan dipastikan dalam keadaan sehat. [Sav/Dwi]

 

Temukan konten blokTuban.com menarik lainnya di GOOGLE NEWS