Melampaui  Target, Pemkab Tuban Distribusikan 43 Hewan Kurban

Reporter : Savira Wahda Sofyana

blokTuban.com – Pada Pelaksanaan Hari Raya Idul Adha 1444 Hijriah atau 2023 Masehi, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tuban, menerima dan mendistribusikan sebanyak 43 hewan kurban, yang tersebar diseluruh kecamatan yang ada di Kabupaten Tuban.

Kabag Tata Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setda Kabupaten Tuban, Joko Purnomo mengatakan jika H-1 menjelang Perayaan Idul Kurban, Pemkab Tuban mendapat tambahan hewan kurban,. Sehingga saat ini terdapat 43 hewan kurban yang terkumpul dan telah dibagikan ke masing-masing penerima.

Adapun tambahan empat ekor sapi itu sendiri, berasal dari perusahaan yang ada di Kabupaten Tuban, seperti PT Solusi Bangun Indonesia Tbk (SBI), PLTU Tanjung Awar-awar Tuban, dan juga PT Harang.

“Alhamdulillah untuk target terpenuhi, jadi saat ini kambingnya 18 sebelumnya targetnya 15 dan sapinya kemarin baru terkumpul 21, sekarang 25 ekor,” katanya kepada blokTuban.com saat ditemui, Rabu (28/6/2023).

Menurut pria yang akrab disapa Joko ini, seluruh hewan kurban yang diterima Pemkab Tuban tersebut, sudah didistribusikan kepada penerima.

Dimana 20 ekor sapi tersebut akan disembelih di masing-masing yang ada di Kabupaten Tuban. Sementara lima ekor sapi lainnya, disembelih atau disalurkan di Masjid Fathur Rohmad, Masjid Agung Tuban, PD Muhammadiyah, PCNU, dan juga Lembaga Permasyarakatan.

“Yang 20 ekor sapi jelas di kecamatan masing-masing, cuma lokasi di kecamatannya tergantung camatnya, barangkali di Kantor Kecamatan, masjid-masjid yang ada di kecamatan, ataupun langsung diserahkan ke masing-masing desa yang ditunjuk oleh Pak Camat,” jelasnya.

Sementara untuk hewan kurban kambing, dibagikan sesuai dengan pengajuan permohonan bantuan hewan kurban dari masing-masing lembaga. Kendati rata-rata permintaan diajukan oleh lembaga yang sama, namun ia mengaku bahwa pendistribusian diratakan.

Lebih lanjut, Joko juga menjelaskan untuk jumlah hewan kurban kambing yang didapatkan dan didistribusikan oleh Pemkab Tuban sedikit berkurang. Pasalnya, masyarakat ada yang berkurban disekitar lingkungannya.

“Kalau kambingnya berkurang, dulu ada 23 ekor karena memang beberapa ada yang menyampaikan sementara korban disekitar lingkungannya. Kalau sapi Alhamdulillah sudah sesuai dengan arahan dinas terkait kelayakan hewan kurban, jadi semuanya sehat,” imbuhnya. [Sav/Dwi]

 

Temukan konten Berita Tuban menarik lainnya di GOOGLE NEWS