Cicipi Seblak Cobek Viral Ala Rafael yang Bikin Lidah Auto Goyang

Reporter : Savira Wahda Sofyana

blokTuban.com – Baru-baru ini, Rafael Tan salah satu personel boyband Smash kembali viral di Media Sosial Tiktok, lantaran seblak cobek buatannya. Uniknya, seblak tersebut nampak berbeda dari seblak biasanya yang berkuah.

Pasalnya, seblak buatan Rafael Tan ini disajikan di atas cobek dan hanya ada kerupuk saja tanpa ada makanan lain sebagai pelengkapnya.

Setelah seblak buatan Rafael Tan tersebut viral, banyak masyarakat yang penasaran dan ingin mencoba resep seblak itu. Saat ini, seblak ini sendiri menjadi salah satu makanan yang banyak digandrungi anak muda.

Bahkan, ada juga masyarakat yang memanfaatkan momentum ini, sebagai ladang usaha dengan menjual menu seblak viral ini. Sebab, selain rasanya yang pedas menyegarkan, cara membuat seblak viral ini juga sangat mudah dan dapat dimasak kapan saja.

Salah seorang warga di Kabupaten Tuban, yang sudah mencicipi seblak viral ala Rafael Tan, Maulidatul mengaku ketagihan saat mencicipi makanan khas sunda ini, untuk pertama kalinya.

“Sudah pernah buat sendiri di rumah dan emang rasanya benar-benar enak,” ujarnya kepada blokTuban.com, Minggu (4/6/2023).

Menurut ibu dari satu anak ini, bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat seblak viral ini juga sangat mudah dicari. Mulai dari kerupuk mawar, cabai rawit hijau, cabai rawit merah, bawang putih, kencur, penyedap rasa, garam, dan juga gula.

Setelah seluruh bahan-bahan yang dibutuhkan sudah siap, lanjutnya, maka langkah pertama yang harus dilakukan ialah merebus kerupuk mawar dengan jumlah secukupnya, hingga matang atau empuk.

“Sambil nunggu kerupuknya matang, bumbu-bumbunya aku halusin semua, yaitu cabai rawit merah dan hijau 5, sama bawang putih 3 siung, terus kecur secukupnya. Dihaluskan sama garam, gula dan royco,” jelasnya.

Sesudah bumbu tersebut halus, maka selanjutnya panaskan minyak goreng dan tuangkan ke dalam bumbu yang sudah halus secukupnya, sambil diaduk hingga merata.

Lebih lanjut, apabila seluruh bumbu sudah menyatu dengan minyak goreng panas tersebut, kemudian masukkan kerupuk mawar yang sudah matang tersebut dan aduk hingga merata bersama dengan bumbunya.

“Sebelum dituang minyak panas, cicipi dulu bumbunya sudah pas atau belum. Kalau sudah pas baru masukkan minyak panasnya dan aduk,” imbuhnya. [Sav/Dwi]

 

Temukan konten blokTuban.com menarik lainnya di GOOGLE NEWS