Momen Keberangkatan CJH, Peziarah Sunan Bonang Tuban Meningkat 10 Persen

Reporter: Savira Wahda Sofyana

blokTuban.com - Beberapa waktu terakhir ini, jumlah kunjungan peziarah di Wisata Religi Sunan Bonang Tuban, mengalami peningkatan sebanyak 10 persen. Hal tersebut, menyusul adanya momen keberangkatan Calon Jemaah Haji (CJH) Tahun 2023.

Pasalnya, banyak pengiring jemaah haji, yang mampir untuk berziarah ke Makam Sunan Bonang, sambil mengantar sanak saudara mereka.

Koordinator Lapangan Sekretariat Yayasan Mabarrot Sunan Bonang Tuban, Ilham membenarkan bahwa terdapat peningkatan jumlah peziarah, pada hari keberangkatan jemaah haji di Kabupaten Tuban.

“Iya betu mbak, ada peningkatan jumlah pengunjung di Makam Sunan Bonang, pada hari keberangkatan jemaah haji Kabupaten Tuban,” katanya kepada blokTuban.com, Jumat (2/6/2023).

Menurutnya, pada hari keberangkatan CJH menuju Asrama Haji Sukolilo Surabaya, peningkatan peziarah di Sunan Bonan mencapai 10 persen. Dimana, pada hari biasanya peziarah berkisar 2000 orang, saat ini peziarah naik menjadi 2.200 orang.

Kendati demikian, Ilham mengaku bahwa durasi kunjungan dari para peziarah cukup singkat. Sebab, saat upacara pemberangkatan haji selesai, maka waktu kunjungan para peziarah juga berangsur-angsur sepi.

“Kalau hari biasa rata-rata 2000 pengunjung, ada kenaikan 10 persen pada hari pemberangkatan haji tahunan, menjadi sekitar 2.200 orang pengunjung,” jelasnya.

Lebih lanjut, ia juga berharap, untuk ke depannya Wisata Religi yang terletak di Kelurahan Kutorejo, Kecamatn Tuban, Kabupaten Tuban ini selalu ramai dan dipadati oleh para peziarah. Baik peziarah dari Kabupaten Tuban maupun luar kabupaten. [Sav/Dwi]

 

Temukan konten blokTuban.com menarik lainnya di GOOGLE NEWS