Pengelola Pantai Kelapa Tuban Keluhkan Lesunya Kunjungan Wisatawan pada Momen Libur Nasional

Reporter: Savira Wahda Sofyana

blokTuban.com – Dalam momentum Libur Nasional dan Cuti Berasam tahun ini, pengelola Wisata Pantai Kelapa Kabupaten Tuban, mengeluhkan lesunya kunjungan wisatawan. Pasalnya, pada momen long weekend kali ini, jumlah kunjungan wisatawan turun cukup signifikan, jika dibandingkan tahun-tahun sebelumnya.

Kepada blokTuban.com, Ketua Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Pantai Kelapa Tuban, Muhasan mengatakan bahwa ada beberapa penyebab, yang menjadi faktor lesunya kunjungan di Wisata Pantai Kelapa Tahun ini.

Salah satunya, hal ini disinyalir lantaran ekonomi masyarakat di Kabupaten Tuban, yang belum membaik pasca Pandemi Covid-19 yang menghantui beberapa tahun belakangan ini.

“Kondisinya sekarang masih lesu mbak, kemarin kunjungan kurang lebih 1000 orang. Kemungkinan faktornya karena ekonomi yang belum membaik,” ujarnya kepada blokTuban.com, Jumat (2/6/2023).

Disamping itu, pria yang akrab disapa Hasan ini juga menambahkan, faktor lain yang menjadi penyebab lesunya wisata yang berada di Desa Panyuran, Kecamatan Palang, Kabupaten Tuban ini juga karena pada bulan ini, para orangtua harus mempersiapkan diri, untuk memasukkan anak-anaknya ke sekolah.

Oleh karena itu, banyak orangtua yang lebih fokus untuk menggunakan uangnya, untuk kebutuhan sekolah anaknya, dibandingkan untuk pergi berlibur ke suatu tempat wisata.

“Di bulan ini, ke depannya semua orang tua pada menyiapkan anaknya, untuk masuk sekolah. Sehingga pada fokus dengan pembiayaan hidup yang lebih penting, terkhusus untuk membayar sekolah anaknya,” jelasnya.

Untuk diketahui, pada Tahun 2023 ini, terdapat sejumlah inovasi yang dilakukan oleh pengelola Wisata Pantai Kelapa. Pasalnya, selain menambah spot foto disamping pantai, saat ini menyediakan beach camp pantai kelapa, bagi masyarakat yang gemar untuk bercamping.

Dimana, biaya yang dibandrol untuk bisa camping yaitu Rp35 ribu hingga Rp50 ribu per orang. Rinciannya, Rp35 ribu untuk biaya camping komunitas, dan Rp50 ribu untuk biaya camping mandiri. [Sav/Dwi]

 

Temukan konten blokTuban.com menarik lainnya di

GOOGLE NEWS