Rekomendasi Kuliner Malam di Jatirogo Tuban: Lontong Tahu Gerdu

Reporter : Ali Imron 

blokTuban.com - Lontong tahu menjadi makanan favorit bagi sebagian masyarakat yang suka dengan cita rasa manis dan gurih. Perpaduan lontong, irisan tahu dan bumbu kacang yang pedas membuat selera makan meningkat. 

Hampir semua kecamatan di Kabupaten Tuban terdapat penjual lontong tahu. Makanan satu ini cocok untuk disantap sore atau malam hari, sehingga tak salah disebut kuliner malam

Di Kecamatan Jatirogo, Tuban terdapat satu lontong tahu yang cukup rekomendasi. Harganya yang hanya Rp10.000/porsi dijamin membuat perut kenyang. Lontong Tahu Gerdu namanya. 

Lokasinya jika dari perempatan lampu merah Kecamatan Jatirogo ke arah utara atau Desa Sadang. Sebelum Pasar Jatirogo, sebelah kanan jalan terdapat rumah tua dan disitulah penjual lontong tahu gerdu mulai meracik menu andalannya. 

Reporter blokTuban.com mencoba mencicipi lontong tahu gerdu, dan rasanya tidak mengecewakan. Selain penjualnya ramah, pembeli wajib bersabar karena antreannya cukup panjang. 

Buka jam 17.00 Wib, lapak lontong tahu satu ini langsung diserbu pembeli. Kalian bisa makan di tempat, atau juga bisa dibungkus untuk dimakan bersama keluarga di rumah. 

Tak ada yang berbeda selama proses penyajian lontong tahu ini. Pertama beberapa potong tahu digoreng di atas wajan dengan api kecil. Lalu, penjualnya mulai membuat sambalnya dimulai dengan meracik beberapa bahan seperti, kacang goreng, kacang tumbuk halus, cabai, bawang putih, kecap asin, dan kecap manis. 

Lontong yang semula dibalut dengan daun pisang mulai dipotong kecil-kecil di atas daun jati. Setelah itu disiram dengan bumbu yang sebelumnya diulek di atas cobek kecil. Untuk menambah rasa, ditambah pelengkap tauge dan daun bawang, bawang goreng, dan beberapa biji kacang goreng. 

Sebatas informasi, alasan pembeli lontong tahu ini harus sabar karena setiap porsi lontong dibuat sambalnya satu-satu. Bagi kalian yang melintas di kawasan Jatirogo, silahkan untuk mampir dan mencobanya!. [Ali]

 

Temukan informasi blokTuban.com menarik lainnya di GOOGLE NEWS