Berangkatkan Ratusan Jemaah Haji, Begini Pesan Bupati Tuban

Reporter: Savira Wahda Sofyana

blokTuban.com - Bupati Tuban, Aditya Halindra Faridzky resmi memberangkatkan ratusan jemaah haji dari kloter 18 dan kloter 19 asal Kabupaten Tuban menuju Asrama Haji Sukolilo, Surabaya. 

Dalam kesempatan tersebut, Mas Lindra sapaan akrabnya menyampaikan pesan kepada 890 jemaah haji yang akan berangkat, agar senantiasa menjaga kesehatan selama melakukan ibadah haji, ke tanah suci Makkah. 

"Perbanyaklah minum air putih kalau nanti dehidrasi, karena saya mendapatkan laporan waktunya sekitar 40 sampai 42 hari dan itu bukan waktu yang sebentar. Sehingga kita berharap mampu menjaga kondisi kesehatan bapak dan ibu sekalian," ujarnya Selasa (30/5/2023). 

Selain itu, ia juga meminta agar para jemaah haji untuk dibekali obat-obatan, yang nantinya dapat digunakan sewaktu-waktu pada saat kondisi tubuh kurang stabil, saat sedang  melaksanakan ibadah haji. Pasalnya, pada musim haji Tahun 2023 ini, didominasi oleh jemaah yang sudah Lanjut Usia (Lansia). 

Oleh karena itu, Bupati termuda ini juga berharap kepada jemaah haji yang menjadi ketua rombongan jemaah yang turut mendampingi, agar menjaga para jemaah haji, khususnya yang sudah berusia di atas 60 tahun.

"Mas Lindra nitip, khususnya kepada ketua rombongan atau ketua regu, untuk benar-benar bisa mendampingi seluruh jemaah haji yang menjadi tanggung jawab dari bapak atau ibu sekalian. Mengingat yang paling penting adalah kondisi kesehatan," katanya. 

Lebih lanjut, Mas Lindra juga berpesan kepada seluruh jemaah haji, untuk tidak memaksakan diri apabila terdapat keluhan-keluhan tertentu yang dirasakan, dan segera menghubungi petugas medis yang ada. 

Disamping itu, orang nomor satu di Kabupaten Tuban ini juga mengingatkan kepada seluruh jemaah haji, agar tidak membawa barang dari tanah air terlalu banyak saat berangkat ke tanah air. 

Dengan demikian, ia berharap agar seluruh jemaah haji  Tahun 2023 asal Kabupaten Tuban, dapat kembali ke tanah air dalam keadaan selamat dan sehat walafiat, dan menjadi haji yang mabrur. 

"Akan tetapi Mas Lindra benar-benar mengingatkan jangan memaksakan diri, apabila memang kondisi kesehatannya perlu diamati terlebih dahulu. Saya berharap semoga tidak ada yang memaksakan diri, sehingga bisa melaksanakan ibadah haji dengan tuntas dan pulang ke tanah air dalam keadaan sehat walafiat," imbuhnya. [Sav/Dwi] 

 

Temukan konten Berita Tuban menarik lainnya di GOOGLE NEWS