Cerita Nama Desa Dawung Tuban, Berasal dari Pendawuhan

Kontributor : Nur Qur'ani Mulia

blokTuban.com - Desa Dawung merupakan salah satu desa di Kecamatan Palang Kabupaten Tuban denga luas wilayah 265 Ha. Desa yang dipimpin oleh Karsilan selaku Kepala Desa Kradenan selama 3 periode itu memiliki 3 dusun yaitu Dusun Krajan, Tegal Mambung, dan  Klagen, serta terbagi menjadi 5 Rukun Warga (RW) dan 22 Rukun Tetangga (RT), Rabu (17/5/2023).

Jarak tempuh Desa Dawung ke ibu kota kecamatan adalah 7 km, sehingga dapat ditempuh dengan waktu sekitar 15 Menit. Sedangkan jarak tempuh ke ibu kota kabupaten adalah 16 km, yang dapat ditempuh dengan waktu sekitar 21 menit.

Sejarah Desa Dawung tidak terlepas dari sejarah sesepuh masyarakat Desa di Kabupaten Tuban. Menurut Lulus Citra Wahyudi selaku Sekretaris Desa Dawung mengatakan bahwa nama Dawung berasal dari kata “Pendawuhan”. 

Adanya Desa Dawung bermula dengan sebuah tempat yang konon digunakan sebagai tempat bermusyawarah oleh orang-orang sepuh terdahulu yang berada di daerah yang saat ini dinamakan Dawung sebanyak 7 orang, serta sebutan dari tempat tersebut ialah pendawuhan.

“Nah, dari kata pendawuhan itulah sehingga muncul nama Dawung yang berasal dari kata tersebut. Sehingga sampai saat ini disebut Desa Dawung,” Ujar Sekretaris Desa Dawung kepada blokTuban.com.

Lebih lanjut, dari ketujuh orang tersebut yang menjadi ketua ialah seorang pegede dengan sebutan nama Dalem Bendel, di mana dialah orang yang pertama menjadi pemimpim Desa Dawung sebelum kemerdekaan. 

Berkaitan dengan letaknya yang berada di Jawa Timur suasana budaya di Desa Dawung masih sangat terasa. Hal tersebut dapat dilihat dari adanya budaya sedekah bumi, slametan, tahlilan, mithoni, dan lain-lain.

Adapun potensi Desa Dawung yang cukup berdampak bagi perekonomian Desa Dawung yaitu dalam sektor pertanian. Seperti dapat dilihat dari lahan sawah yang cukup luas dengan tanah yang cukup subur sehingga sangat cocok untuk dijadikan lahan pertanian.

“Di sini biasanya paling banyak dikembangkan dari sektor pertanian itu padi, dan hasilnya juga cukup bagus,” Ujarnya. 

Di sisi lain selain pertanian mata pencaharian warga masyarakat Desa Dawung yaitu terdapat beberapa sektor yaitu Industri, jasa, pedagang, dan lain-lain. 

Berdasarkan data yang ada, masyarakat yang bekerja di sektor industri berjumlah 182 orang, sektor jasa berjumlah 38 orang, pedagang berjumlah 41 orang, dan lain-lain berjumlah 130 orang. [Lia/Ali]

Temukan konten blokTuban.com menarik lainnya di GOOGLE NEWS  

 

*: Penulis merupakan mahasiswa Universitas Trunojoyo Madura yang magang di kantor redaksi blokTuban.com di Jalan Pramuka II No.19 kelurahan Sidorejo, Tuban.