Amalan Doa saat Berada di Anah Suci untuk Ibadah Haji Sesuai Sunnah Rasulullah

Oleh: Dwi Rahayu

blokTuban.com - Melaksanakan ibadah haji tidak seperti ibadah lainnya, dimana pelaksanaannya harus memakan biaya, waktu dand tenaga yang prima.

Untuk itu saat mendapat panggilan pergi ke tanah suci untuk melaksanakan ibadah haji alangkah baiknya tidak menyiakan kesempatan untuk beribadah secara khusyuk.

Oleh karenanya jangan sampai ibadah ini sia-sia karena tidak sesuai dengan tuntunan Rasulullah SAW.

Berikut doa dan bacaan saat kita melaksanakan ibadah Haji dan Umrah, yang sesuai dengan dicontohkan oleh Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam.

Membaca Talbiyah

٢٤١ـ لبيك اللهم لبيك، لبيك لا شريك لك لبيك إن الحمد والنعمة لك والملك لا شريك لك

"Aku memenuhi panggilanMu, ya Allah, aku memenuhi panggilanMu. Aku memenuhi panggilanMu, tidak ada sekutu bagi-Mu, aku memenuhi panggilanMu. Sungguh pujian dan nikmat adalah milik-Mu, begitu juga kerajaan, tidak ada sekutu bagi-Mu."470

Doa Melihat Ka'bah

٢٤٢۔ اللهم أنت السّـلام ومن ـت السّلا فحينا ربنا بالسّلام

"Ya Allah, Engkau adalah Maha Sejahtera, dan dari Engkau pula kesejahteraan, maka sambutlah kami-wahai Rabb kami-dengan salam sejahtera."

Melakukan Thawaf 7 Kali Putaran Dan Berdoa Dengan Doa-Doa Yang Mudah Diamalkan

Berikut ini adalah bacaan dan doa saat menjalankan ibadah haji sesuai dengan hadits Rasulullah:

Bertakbir Setiap Tiba Di Hajar Aswad

٢٤٣۔ طـاف النّبی ﷺ بالبيت على بعير كلما أتى الركـن أشار إليه بشيء كان عنده وكبر

"Nabi melakukan thawaf di Baitullah, di atas unta setiap datang ke Hajar Aswad (yakni sudut Ka'bah yang padanya terdapat Hajar Aswad), lalu beliau berisyarat dengan sesuatu yang dipegangnya dan bertakbir."

Doa Diantara Rukun Yamani Dan Hajar Aswad

٢٤٤۔ ربنا آتنا في الدنيا حسنة وفي الآخرة حسنة وقنا عذاب النّـار

"Wahai Rabb kami, berilah kami kebaikan di dunia dan akhirat, serta lindungilah kami dari siksa api Neraka."

Setiap selesai thawaf 7 (tujuh) putaran, kita disunnahkan agar shalat di Maqam Ibrahim dua rakaat. Dan surah yang dibaca setelah Al-Fâtihah pada rakaat pertama: Al-Kâfirûn, sedangkan pada rakaat kedua: Al-Ikhlash.

Bacaan di Atas Bukit Shafa Dan Marwah Ketika Melakukan Sa'i

Dari Jabir bin Abdullah, ia bertutur: "Ketika berada dekat dengan bukit Shafa,

Rasulullah membaca:

٢٤٥- إن الصفا والمروة من شعائر الله، أبدأ بما بدأ الله به

Sesungguhnya Shafa dan Marwah itu adalah termasuk syiar agama Allah. Aku memulai sai dengan apa yang didahulukan oleh Allah."

Selanjutnya, beliau mulai sa'i dengan naik ke bukit Shafa, hingga beliau melihat Ka'bah. Lantas menghadap kiblat, mengucap kalimat tauhid serta takbir, yakni bertakbir tiga kali: Allahu Akbar, Allahu Akbar, Allahu Akbar, lalu beliau membaca:

لا إلـه إلا الله وحده لا شريك له له الملك وله الحمد، وهو على كل شيء قدير، لا إله إلا الله وحده أنجز وعده ونصر عبدهوهزم الأحزاب وحده

Tidak ada ilah yang berhak diibadahi dengan benar selain Allah, Yang Maha Esa, tidak ada sekutu bagi-Nya. Bagi-Nya kerajaan dan puji. Dialah Yang Maha Kuasa atas segala sesuatu.

Tidak ada ilah yang berhak diibadahi dengan benar melainkan Allah Yang Maha Esa, Yang melaksanakan janji-Nya, membela hamba-Nya (Muhammad), dan mengalahkan segolongan musuh sendirian.'

"Beliau berdoa, lalu mengulangi lagi dzikir tersebut. Beliau membacanya tiga kali. Dalam hadits tersebut dikatakan bahwa Nabi juga membacanya di Marwah sebagaimana beliau membacanya di Shafa."

Bacaan di Masy'aril Haram

٢٤٨۔ ... ركب صلى الله عليه وسلم القصواء حتى أتى الشام الحرام فاستقبل القبلة فدعاه وكبره وهلله ووحده فلم يزل واقفا حـتـى أسـفـر هـذا فدفع قبل أن تطلع الشمس

Bertakbir Setiap Melempar Jumrah

٢٤٩- إن رسول اللہ ﷺ كان إذا من الجمرة ... بسبع حصيات كلما رمى بحصاة، ثم أمامها فوقف مستقبل القبلة رافعا يديه يدعو، وكان يطيل الوقوف. ثم يأتي الجـمـرة الثانية فيرميها بسبع حصيات بگير كلمـا رمـى بـ حيـاة ... فيقف مستقبل القبلة رافعا يديه يدعو ثـم يـأتى الجمرة التي عند العقبة فيرميها بتنع خصیات، يكبر عند كل حصاة وينصرف ولا يقف عندها

"Sesungguhnya Rasulullah melempar Jumratul Ula (jumrah pertama) dengan tujuh batu kerikil, dan beliau bertakbir setiap kali melempar, kemudian maju dan berdiri lama menghadap kiblat, beliau pun berdoa sambil mengangkat kedua tangannya. Lalu beliau melempar Jumrah Tsaniyah (jumrah kedua) dengan tujuh batu kerikil dan bertakbir setiap kali melempar. Lalu beliau berdiri menghadap kiblat dan berdoa sambil mengangkat kedua tangannya. Kemudian beliau melempar Jumratul Aqabah (jumrah ketiga) dengan tujuh batu kerikil, bertakbir setiap kali melempar, lantas beliau langsung pergi, dan beliau tidak diam padanya (yakni tidak berdoa)."

Itulah doa-doa yang dapat diamalkan oleh jamaah haji supaya setiap rukun dan hal-hal yang dikerjakan dapat bernilai ibadah dan insyaallah menjadi haji yang mabrur.(*)

 

Temukan konten blokTuban.com menarik lainnya di GOOGLE NEWS