Kelola Stres Saat Mudik Lebaran, Waspada Holiday Blues

Oleh: Dwi Rahayu

blokTuban.com - Saat mudik lebaran bagi sebagian orang menjadi hal yang menggemberikan. Namun tidak dapat dipungkiri terdapat suatu diskursus yang justru mudik menimbul stres.

Bagi sebagian orang, momen mudik lebaran bisa menjadi hal yang menyakitkan, kecemasan, dan kesepian. Nah, dalam dunia medis, kondisi ini dikenal dengan nama holiday blues.

Apakah itu Holiday Blues? Holiday blues adalah rasa sedih atau depresi yang muncul ketika momen libur tiba, salah satu contohnya adalah libur lebaran. 

Melansir WebMD, holiday blues juga bisa memicu berbagai gejala, seperti sakit kepala, insomnia, dan makan berlebihan. 

Gejala yang umum terjadi pada penderita holiday blues adalah munculnya perasaan sedih berkepanjangan dan berulang selama musim liburan. 

Sebenarnya, holiday blues bukanlah kondisi kejiwaan yang tertera dalam Diagnostik dan Statistik Gangguan Mental (DSM-5), buku manual yang digunakan oleh dokter untuk mendiagnosis kondisi kesehatan mental. 

Apa penyebab holiday blues? Saat liburan tiba, kita dihadapkan dengan berbagai acara, interaksi sosial, dan terkadang beberapa tantangan seperti kebutuhan yang meningkat. 

Terkadang, stres yang muncul saat libur Lebaran disebabkan juga disebabkan karena tekanan dari banyaknya tanggung jawab yang dimiliki seseorang. 

Selain itu kasus lain holiday blues muncul karena adanya kenangan masa lalu yang pahit, atau kecemasan tentang adanya pertemuan menghadapi pertanyaan dari keluarga besar. 

Bagaimana cara mengatasi holiday blues? Jalan terbaik untuk mengatasi holiday blues adalah berkonsultasi dengan ahli kesehatan mental, seperti psikiater atau psikolog. 

 

 

Temukan konten Berita Tuban menarik lainnya di GOOGLE NEWS