322 Personil di Tuban Siap Beri Pelayanan Ekstra ke Pemudik

Reporter : Muhammad Nurkholis

blokTuban.com – Mempersiapkan keamanan di hari raya idul Fitri 1444 Hijriah, Polres Tuban menggelar Apel gelar pasukan untuk Operasi Ketupat Semeru tahun 2023 di lapangan Mapolres Tuban, Senin (17/04/2023) pagi.

Dalam kegiatan apel ini dihadiri oleh Sekda Tuban Budi Wiyana yang juga sebagai pemimpin apel. Selain itu hadir pula Kepala Kepolisian Resor (Kapolres) Tuban AKBP Rahman Wijaya serta unsur Forkopimda lainnya.

Sekda Tuban Budi Wiyana, mengatakan dari evaluasi dengan Presiden Indonesia bahwa gelar pasukan tahun kemarin ada keberhasilan dan kita di tantang agar ditingkatkan lebih baik lagi, karena diperkirakan juga akan ada kenaikan pemudik.

“Diperkirakan akan ada kenaikan pemudik antara 46 persen, dan ini menjadi tantangan bagi kita agar bisa lebih baik lagi,” ujar Sekda Tuban Budi Wiyana kepada wartawan.

Budi menambahkan bahwa mulai besok TNI, Polri serta seluruh stakeholder yang terkait akan mulai mengadakan pengawasan di daerah yang memang perlu pengawasan.

Diharapkan di Kabupaten Tuban, nantinya saat Operasi Ketupat Semeru tahun 2023, memberikan pelayanan yang baik, keamanan, ketertiban, dan kepuasan bagi para pemudik, baik saat mudik dan arus balik.

Tak hanya berkaitan dengan kegiatan pelayanan arus mudik saja, diharapkan dengan adanya operasi ini dapat mengontrol stabilisasi harga barang pokok penting di Tuban.

“Nantinya TNI Polri serta satgas pangan dapat mengawasi stabilisasi harga barang pokok penting di Tuban,” imbuhnya.

Selain pengamanan terhadap harga nantinya juga akan ada kontrol terhadap ketersediaan barang pokok yang dibutuhkan saat lebaran, juga akan melakukan pengecekan terkait masa kadaluarsa sebuah barang dagangan.

Sementara itu, Kapolres Tuban AKBP Rahman Wijaya mengatakan kegiatan gelar pasukan ini sebagai sarana memastikan dan pengecekan akhir, baik personil, sarana dan prasarana yang dibutuhkan dalam Operasi Ketupat Semeru tahun 2023.

“Gelar pasukan ini sebagai pengecekan akhir,” ujar Kapolres Tuban AKBP Rahman Wijaya.

Dalam dalam Operasi Ketupat Semeru tahun 2023, nantinya Polres Tuban akan mendirikan 3 Pos Pam dan 1 pos pelayanan, yang berada di Kecamatan Bancar, di pantai Boom, dan Terminal Kebonsari, serta pantai kelapa. Serta personil pengamanan yang dikerahkan dalam  Operasi Ketupat Semeru tahun 2023 terdapat 322 personel.

Disinggung terkait kapan perkiraan puncak arus mudik, Pria asal Banyuwangi ini menambahkan bahwa tanggal 20 April 2023 diperkirakan menjadi puncak arus mudik.

“Puncak arus mudik diperkirakan terjadi pada 20 April 2023,” imbuhnya.

Kapolres Tuban juga menghimbau bagi para pemudik agar selalu mematuhi rambu-rambu dan aturan lalu lintas yang berlaku, serta apabila capek agar berhenti di rest area yang telah disediakan. [Nur/Ali]

 

Temukan konten blokTuban.com menarik lainnya di GOOGLE NEWS