Selama Bulan Ramadan Permohonan Pembuatan E-KTP  di Tuban  Cenderung Menurun

Reporter: Savira Wahda Sofyana

blokTuban.com – Pada momentum Bulan Ramadan  1444  Hijriah ini, pemohon administrasi kependudukan di Kabupaten Tuban  cenderung menurun.

Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Tuban, Rohman Ubaid mengatakan setiap Bulan Ramadan angka perekaman E-KTP di Bumi Ronggolawe memang cenderung menurun.

“Memang pada Bulan Ramadan ini ada kecenderungan menurun mbak,” ujarnya kepada blokTuban.com, saat dikonfirmasi, Sabtu (8/4/2023).

Penurunan pemohon E-KTP tersebut, lanjutnya, sudah terjadi sejak awal Bulan Ramadan 1444 Hijriah lalu. Meskipun penurunan tersebut tidak signifikan, namun terdapat perbedaan pada hari-hari biasa, dengan Bulan Ramadan.

Seperti halnya lima hari terakhir menjelang Bulan Ramadan, Ubaid, sapaan akrabnnya mengatakan bahkan ada ratusan KTP yang tercetak di Mall Pelayanan Penduduk (MPP) Kabupaten Tuban.

“Seperti tanggal 15 Maret ada 102, tanggal 16 Maret ada 79 orang, tanggal 17 ada 66 orang, tanggal 20 nnya ada 77 orang dan tanggal 21 ada 107 orang.   Sedangkan  saat  Bulan Ramadan tanggal  27 Maret kemarin ada 67, tanggal 28 ada 101 orang, dan tanggal 29 nya ada 69 orang,” jelasnya.

Lebih lanjut, Ubaid menambahkan jika biasanya, permohonan E-KTP akan kembali melonjak  setelah liburan atau  pada  saat cuti bersama Hari  Raya Idul Fitri.  Hal tersebut,  lantaran pemudik  membutuhkan Kartu Keluarga  (KK) dan E-KTP, sebelum kembali ke perantauan.

Untuk diketahui, saat ini untuk mengurus administrasi kependudukan seperti E-KTP, Kartu Identitas Anak (KIA), KK, Akta Kelahiran dan Kematian di  Kabupaten Tuban, tidak harus datang ke MPP  ataupun Kantor Disdukcapil. Akan tetapi, bisa melalui Unit Pelaksana Teknis (UPT) kecamatan dan bersifat  gratis.  [Sav/Dwi]

 

Temukan konten Berita Tuban menarik lainnya di GOOGLE NEWS